hit counter code


Mengajak Narapidana Belajar Baca Al-Qur’an

Dakwah, Nasional, | Tue 05/2016 07:48:03
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SEMARANG -- Sebanyak 88 narapidana (napi) mengikuti gelaran Amazing Muslimah di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Wanita Semarang, pada Jumat (13/6). Acara ini terselenggara atas inisiasi Dompet Dhuafa, melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa). Gelaran ini bertujuan untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an di kalangan muslimah. Rata-rata peserta adalah terpidana kasus narkoba.

“Kami bersyukur dan berharap Dompet Dhuafa terus ada di lapas. Karena kegiatan seperti ini sangat ditunggu-tunggu,” ujar seorang napi yang sudah empat tahun menjalani masa tahanannya.

Menurut salah satu pengurus, lapas merupakan taman surga bagi para tahanan. “Di sini taman surga untuk napi, kalau tidak, kemungkinan kecil mereka berinteraksi dengan Al-Qur’an,” tutur pengurus tersebut.

Ia menambahkan, di sini banyak membuat para napi mulai kembali pada jalan agama. Karena suasana lapas penuh dengan rasa kekeluargaan. Terbukti ketika persiapan acara, mereka bersama-sama membantu menyiapkan berbagai perlengkapan seperti sound, mendekorasi panggung, dan memasang banner dengan antusias.

“Kekeluargaan di lapas terasa sangat hangat. Perlahan menjalani masa tahanan, mengubah mereka menjadi lebih baik. Sehingga membawa mereka untuk kembali bertaubat dan belajar berukhuwah,” ujarnya.

Ia juga berharap ada lembaga atau komunitas lain dapat mengedukasi di tanah lapas ini. Terutama mengenai jilbab, karena kebanyakan para napi belum paham untuk menutup aurat dengan benar.

Acara Amazing Muslimah berlangsung meriah dari pukul 09.30 WIB sampai ba’da Ashar. Kedepannya peserta akan dibimbing oleh Ustadz Genry (Dai Cordofa) untuk belajar membaca Al-Qur’an secara berkala dalam Forum Halaqah Qur’an.

Amazing Muslimah merupakan gerakan membebaskan muslimah Indonesia dari buta huruf Al-Qur’an. Mulai dari awal mengenal huruf hijaiyah, hingga mampu dengan lancar membaca Al-Qur’an. Program ini digagas oleh Peggy Melati Sukma bersama Dompet Dhuafa. (Cordofa Dompet Dhuafa/Rachmat)