hit counter code


Menjaga Diet Sehat Selama Puasa

Kesehatan, Nasional, | Mon 05/2016 13:20:18
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Menjelang bulan suci Ramadhan, umat Muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia, pastinya sedang sibuk mempersiapkan berbagai hal. Beragam persiapan dalam hal logistik untuk kebutuhan puasa selama sebulan maupun persiapan mental dari dalam diri sendiri. Persiapan-persiapan ini dilakukan dengan tujuan agar ibadah puasa yang dijalani dapat berjalan dengan lancar. Namun, dalam menjalani ibadah puasa, tidak sedikit juga naiknya berat menjadi problematika. Padahal kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam.

Berdasarkan berbagai studi yang dilakukan, hal ini dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat selama berpuasa. Makanan berlemak, minuman dingin, makan berlebih serta sering melewatkan sahur merupakan salah satu dari banyaknya alasan yang menyebabkan berat badan cenderung meningkat.

Untuk menghindari kenaikan berat badan akibat pola makan yang tidak benar, berikut beberapa tips terkait diet sehat selama menjalankan ibadah puasa.

1. Perbanyak minum air putih

Saat menjalankan ibadah puasa, air putih merupakan salah satu komponen yang penting, terutama untuk mencegah dehidrasi. Karena selama bepuasa cairan di dalam tubuh akan terus berkurang. Selain itu, air putih juga dipercaya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi banyak air putih saat berbuka dan sahur sangat dianjurkan. Untuk takarannya bisa dua gelas saat berbuka, dua gelas saat sahur dan empat gelas diantara waktu berbuka dan sahur.

2. Hindari mengonsumsi makanan berlemak dan minuman dingin

Ketika menjalani ibadah puasa, sebaiknya pilih menu buka puasa yang sehat dengan menghindari makanan berlemak dan minuman dingin, serta minuman bersoda. Makanan berlemak dapat membuat perut cepat kenyang. Sehingga tubuh tidak dapat menerima makanan yang lebih bernutrisi. Selain itu makanan berlemak juga dapat menyebabkan kegemukan dan gangguan kesehatan. Tidak jauh berbeda dengan makanan berlemak, mengonsumsi minuman dingin ketika berbuka pun dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Hal ini dapat terjadi  karena minuman dingin menyebabkan kontraksi pada lambung.

3. Melakukan olahraga ringan

Tetap lakukan aktivitas olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau jalan jalan selama 15 sampai 45 menit setiap harinya. Pemanasan setiap pagi, dan aktivitas lainnya untuk menghindari tubuh menjadi lemas. Olahraga ringan seperti ini sangat bermanfaat, terutama dalam menjaga tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

4. Batasi mengonsumsi makanan manis dan perbanyak makan sayuran

Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, selain tidak bagus bagi kesehatan juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Namun, apabila ingin mengkonsumsi makanan manis disaat berbuka, disarankan untuk mengonsumsi kurma. Pada dasarnya kurma memang memiliki kandungan gula yang tinggi. Tetapi lambat dicerna oleh tubuh, sehingga baik untuk kesehatan. Selain kurma, memakan sayur dan buah-buahan dengan kadar serat tinggi sangat bagus untuk tubuh, khusunya bagi pencernaan.

5. Hindari makan berlebihan

Menghindari makan dengan porsi yang besar. Porsi yang terlalu besar dapat membuat lambung menjadi kaget dan hal ini juga tidak baik untuk kesehatan lambung itu sendiri. Awali dengan memakan ringan seperti air hangat atau pun kurma. Hal ini bertujuan agar lambung kembali bekerja secara perlahan setelah 14 jam kosong. Selain itu, disarankan juga untuk mengunyah makanan dengan halus, agar lambung tidak terlalu keras bekerja dalam mencerna makanan.

6. Jangan melewatkan makan sahur

Dengan alasan masih mengantuk, terkadang masyarakat lebih memilih tidur dan melewatkan makan sahurnya. Hal ini karena kebanyakan masyarakat tidak tahu manfaat dari makan sahur. Selain mendapatkan pahala, makan sahur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh saat berpuasa. Yakni mencegah tubuh dari kehilangan energi. Saat makan sahur pun harus tetap memperhatikan asupan yang dimakan seperti mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan dengan kadar lemak tinggi, serta asin. Makanan dengan kadar lemak tinggi dan asin akan menyebabkan tubuh cepat haus.

Nah itu tadi, tips singkat dari Dompet Dhuafa yang dapat dicoba saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan nanti. Selamat mencoba. (Dompet Dhuafa/Ira)