hit counter code


Santunan untuk Disabilitas

Dakwah, Nasional, | Tue 06/2016 18:56:19
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIPUTAT - Bahagia terpancar dari wajah mereka tatkala bertemu dengan sesama komunitasnya. Walaupun berbeda dengan fisik manusia yang lain, tidak sedikitpun keluhan yang mereka lontarkan. Bersyukur kepada Illahi adalah obat paling mujarab untuk dapat bertahan hingga hari ini. Hinaan dan prasangka negatif mungkin sudah ribuan kali mereka terima. Namun hinaan dan prasangka negatif adalah motivasi terbaik untuk mereka dapat bangkit dan prestasi.

Kepedulian dan keinginan untuk memaksimalkan potensi kaum disabilitas kemudian menggerakkan LPM Dompet Dhuafa dan Muslim Aid Indonesia untuk menggelar acara berbagi bersama kaum disabilitas (27/6) bertempat di Gedung Apertais UIN Syarief Hidayatullah. Tiga komunitas disabel yang berasal dari wilayah Jabodetabek diundang dalam acara ini, yakni HWDI Kota Depok, Himpunan Wanita Disabilitas Kota Bekasi dan Yayasan Hasanah Kebajikan.

"Even ini terselenggara tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan berbagi kepada kaum disabilitas. Dimana secara event santunan untuk kaum disabilitas ini tidak sepopuler santunan untuk anak yatim. Padahal mereka juga memiliki keterbatasan baik secara fisik dan ekonomi," ungkap Rifky Reynaldi, selaku Koordinator Program Ramadhan LPM Dompet Dhuafa.

Rifky menambahkan acara yang ditujukan untuk kaum disabilitas ini tidak hanya memberikan santunan. Tetapi juga diisi dengan pelatihan kewirausahaan dan terapi dzikir.

"Iya acara ini juga diisi dengan pelatihan kewirausahaan dan terapi dzikir. Pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih kepada kaum disabilitas ini tentang wirausaha. Harapannya mereka lebih termotivasi dan tidak mudah menyerah ketika mengalami kegagalan," paparnya.

Rifky berharap dengan adanya acara ini, kaum disabilitas tidak merasa sendirian dan mereka pun sadar bahwa disekeliling mereka masih banyak orang baik yang peduli dan mendukung apapun yang mereka kerjakan. Selain itu, harapannya kaum disabilitas yang hadir juga dapat termotivasi. Sehingga dapat melakukan kegiatan positif yang lainnya. (Dompet Dhuafa/Ira)