hit counter code


Kaum Disabilitas Terima Motivasi Kemandirian

Dakwah, Nasional, | Tue 06/2016 19:14:25
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIPUTAT – Dompet Dhuafa gelar Ramadhan bersama ratusan disabilitas se-Jabodetabek, dengan tema "Tumbuh Bersama Kemandirian" yang diselenggarakan di Kopertais, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan ini merupakan kerjasama Dompet Dhuafa dengan Muslim Aid Indonesia.
Mustaki, Koordinator program Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, mengatakan, kegiatan Ramadhan bersama disabilitas se-Jabodetabek tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada disabilitas. Hal tersebut dilakukan melalui cara memberikan pelatihan kewirausahaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari kepedulian Dompet Dhuafa dan Muslim Aid Indonesia kepada rekan-rekan disabilitas. Sehingga mereka lebih mandiri lagi dalam mengarungi kehidupan,” tuturnya.

Iapun menerangkan, terkadang sebagian rekan-rekan disabilitas mengalami rasa kurang percaya diri, dan perasaan rendah diri. Untuk itu Dompet Dhuafa hadir dengan memberikan motivasi, baik berupa materi dan non materi. Dari 100 disabilitas yang hadir, sebagian mereka memang telah berkecimpung di bidang wirausaha. Hanya saja yang perlu ditekankan adalah pemberian kesempatan yang sama. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa rekan-rekan disabilitas. Rata-rata mereka dari usia 20 hingga 40 tahun ke atas. Jadi melalui pelatihan ini, mereka diharapkan dapat lebih mandiri lagi. Dengan cara menggali skill untuk kemudian dikembangkan.

Selain itu, Tatang Husaini selaku Koordinator Muslim Aid Indonesia bertutur, “Kami bangga dengan keteguhan hidup saudara kita. Sehingga kami ingin memberikan perhatian kepada mereka agar dapat meringankan beban ekonomi mereka. Khususnya menjelang hari raya ini”.

Dalam kegiatan ini hadir pula perwakilan dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Elva Sulistiawati (39). “Saya sangat antusias apa yang dipaparkan oleh beberapa narasumber, cukup mengena. Sebagian peserta memang pengusaha. Jadi barangkali dengan adanya kegiatan ini, kita bisa lebih menyerap lagi apa yang seharusnya kami lakukan. Kitapun merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang diberikan kepada rekan-rekan disabilitas,” jelasnya.

Elva Sulistiawati mengaku, hingga saat ini, yang dibutuhkan rekan-rekan disabilitas adalah kesempatan dan kepercayaan yang sama, baik dari pemerintah maupun dari setiap elemen masyarakat. Hal ini demi tergalinya potensi yang dimiliki oleh rekan-rekan disabilitas, agar bisa lebih optimal dan memberikan kontribusi positif bagi nusa dan bangsa serta timbulnya rasa percaya diri pada tiap-tiap individu. (Dompet Dhuafa/Fajar)