hit counter code


Dari Masyarakat untuk Masyarakat

Nasional, | Thu 08/2016 11:53:59
Dompet Dhuafa Post Image
Share

GARUT – Menelusuri Desa Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, yang terkenal akan peternakan domba dan kambingnya menunjukkan bahwa Indonesia mampu berdaya dan mandiri dalam bidang ekonomi. Melalui pemberdayaan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa sejak tahun 2004, Desa Pasirwangi telah bangkit dan menjadi salah satu sentra produksi peternakan terbaik di Garut. Produksi peternakan yang tergabung dalam Paguyuban Al-Awwaliyah Garut pun sudah melanglang buana di penjuru Indonesia.

Aceng Cahyana selaku Ketua Paguyuban Al-Awwaliyah Garut mengungkapkan bahwa kegiatan pemberdayaan peternakan di Desa Pasirwangi ini telah merubah perekonomian masyarakat. Menurutnya tidak sedikit masyarakat di Pasirwangi yang sangat terbantu dengan adanya program ini.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan taraf hidupnya membaik. Dulu saya itu kerjanya hanya serabutan, nggak punya apa-apa, tapi setelah ikut pemberdayaan ini motor sudah punya dua, mobil juga punya walaupun jelek,” celoteh laki-laki berusia 32 tahun ini.

Aceng pun menceritakan bagaimana uang yang berasal dari seluruh masyarakat di Indonesia ini menjadikan hidupnya dan seluruh masyarakat di Pasirwangi mandiri dan berdaya. Memang tidak banyak jumlahnya, tetapi menurutnya modal yang diterima dari sumbangan masyarakat ini sangat terasa manfaatnya.

“Jadi awalnya setiap orang dikasih kambing lima ekor. Nah bagaimana caranya dari modal kambing lima ekor yang diberikan Dompet Dhuafa ini dapat tetap berjalan dan bermanfaat. Kita juga menerapkan bagi hasil dengan prosentase 70:30 dimana 70 untuk masyarakat dan 30 untuk paguyuban. Alhamdulillah dari dana bagi hasil tersebut kita juga bisa berkontribusi untuk pembangunan di Desa Pasirwangi seperti pembangunan masjid, pembangunan fasilitas lainnya," tambahnya

Sebelum mengakhiri percakapan, Aceng mengungkapkan bahwa dana atau modal yang diperoleh dari kebaikan masyarakat ini sudah sewajarnya dikembalikan ke masyarakat juga. Ia sangat berterimakasih dan bersyukur dapat bergabung dengan pemberdayaan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sejak 2004 ini. (Dompet Dhuafa/Ira)

Jadikan kurban Anda Berlimpah Keberkahan bersama Dompet Dhuafa. Saya ingin berkurban