hit counter code


KURBANESIA Hadirkan Kurban untuk Mentawai

Kurban, Nasional, | Thu 09/2016 18:01:50
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Foto : Empat dari sembilan sapi Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (IKA FK Unand) telah tiba di Pelabuhan Bungus Padang, untuk dikirim ke Sipora pada pada Kamis (1/9). Sisanya untuk Sikakap akan dikirimkan pada Sabtu (3/9). (ist)

 

PADANG -- Harapan masyarakat muslim Kepulauan Mentawai agar dapat menyambut sukacita di Hari Raya Idul Adha nanti akan segera terwujud. Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (IKA FK Unand), menyepakati penyaluran sembilan ekor sapi di lima titik minus kurban di Sikakap dan empat titik di Sipora, kawasan Kepulauan Mentawai.

"Terkumpul 14 sapi dan seekor kambing untuk program Kurban Alumni 1437 H. Kali ini kita menggandeng Dompet Dhuafa Singgalang untuk penyaluran sembilan ekor sapi di Mentawai. Sedangkan sisanya untuk lokasi sekitar pekurban masing-masing," ujar dr. Poby Karmendra, selaku sekretaris Panitia Kurban IKA FK Unand, Kamis (1/9).

Pobi mengimbuhkan, alasan Kenapa IKA FK Unand mengadakan Pogram Kurban Alumni adalah semata-mata untuk mewujudkan kepedulian mereka bagi masyarakat Sumatera Barat lainnya yang belum sempat mencicipi nikmatnya daging kurban di momen Idul Adha. "Setiap tahun, biasanya para alumni berkurban di lokasi perumahan, dan terkadang di kampung halaman masing-masing. Jadi kali ini kami ingin berbagi kurban di lokasi yang sangat membutuhkan di Sumatera Barat. Kami memilih Mentawai karena lokasinya terpencil dengan kondisi tak ada sapi di sana. Seperti yang diinformasikan Dompet Dhuafa Singgalang, hewan ternak yang ada di Mentawai hanyalah ayam dan itik. Sapi harus menyeberangi lautan untuk mencapai Mentawai. Jadi, kami ingin kurban dari IKA FK tepat sasaran dengan menjadikan Mentawai sebagai penerima manfaatnya," papar Poby.

Selain itu, IKA FK Unand juga tergugah untuk mengagendakan program pemberdayaan di Mentawai sebagai wujud kepedulian jangka panjang bagi muslim Mentawai. "Rencana kita akan membangun Masjid di salah satu desa di Mentawai, dengan menugaskan ustadz untuk menetap di sana. Kami juga berniat mengadakan pembinaan pendidikan anak Mualaf di Masjid Alumni dan beasiswa ke pesantren. Alumni akan ambil andil dalam meningkatkan sosio-ekonomi masyarakat," tambah Prof. dr. Delfitri Sp.THT-KL, selaku ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKA FK Unand.

Untuk mencapai mentawai, sembilan sapi ini diberangkatkan pada Kamis (1/9) sore menggunakan perahu ke Mentawai. Sapi-sapi ini dikirim sesegera mungkin agar dapat dieksekusi tepat di momen Idul Adha nantinya. Hal ini sekaligus bertujuan agar kesehatan sapi dapat terkontrol menjelang hari-H, untuk mengantisipasi kondisi fisik dan psikis sapi yang dapat terganggu selama perjalanan mengarungi lautan. (Dompet Dhuafa/Nisa)