hit counter code


Jamaah Haji DD Travel Melaksanakan Umroh

Social Enterpreneur, | Sun 09/2016 12:48:19
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Labaika Allahumma Labaik... Kami Datang Ya Allah...

Setelah melakukan perjalanan yang panjang dan melelahkan, 90 orang jamaah haji melakukan umroh. Tata cara pelaksanaan haji yang dipakai jamaah DD Travel adalah haji tamattu’. Haji Tamattu' adalah mendahulukan umrah dari ibadah haji. Yaitu memakai ihram dari dari miqat dengan niat umrah pada musim haji. Setelah tahallul (memotong rambut), memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah yang jatuh pada hari sabtu, 10 September 2016.

Meski dalam keadaan fisik yang lelah, alhamdulillah seluruh jamaah mampu melalui rukun dan wajib umroh dengan baik. Rangkaian ibadah umroh diawali niat setelah memakai pakaian ikhrom di atas pesawat. Tahapan berikutnya adalah thawaf, yakni berkeliling ka’bah sebanyak tujuh kali. Para jamaah larut dalam suasana yang penuh emosional. Bagaimana tidak? Mereka merasa tak percaya diberi kesempatan oleh Allah untuk hadir ke Baitullah. Air mata pun berlinang mengiringi setiap bait doa dan dzikir saat ka’bah dikelilingi.

Meminum air zam-zam setelah melaksanakan sholat Sunnah thawaf memberikan energy cukup untuk melanjutkan tahap berikutnya. Doa dan air mata pun kembali berpadu dalam setiap harapan dan permohonan setiap jamaah. Aktifitas berlanjut ke area sai yang penuh dengan jamaah haji yang sedang umroh juga. Tujuh putaran dari bukit Shafa dan berakhit di bukit Marwah dilalui jamaah dengan baik. Rangkaian umroh pun diakhiri dengan tahalul atau memotong rambut. Semoga jamaah memperoleh umroh yang maqbul, umroh yang diterima Allah. Amin Yaa Robb. (DD Travel/Rano)