hit counter code


Warung Anak Sehat Bersama Sari Husada di Sukabumi

Kesehatan, | Mon 07/2014 14:16:37
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUKABUMI—Sukabumi adalah salah satu daerah di Indonesia yang masih banyak mengalami kejadian gizi buruk. Bekerja sama dengan PT Sari Husada, Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa memulai program Warung Anak Sehat di daerah Kabupaten Sukabumi. Program ini di antaranya berusaha memberikan kontribusi dalam kesehatan anak-anak yang rawan mengalami kejadian gizi buruk.

Debut program ini dimulai di Bidaracina Jakarta Timur dan Warung Belong Jakarta Barat. Menyasar wilayah perdesaan, program menggarap wilayah Kecamatan Kadudampit dan Cisaat, Sukabumi. Sebagai langkah awal, tim program menempatkan seorang pendamping dan merekrut para kader Ibu Warung Anak Sehat. Para kader yang terdiri para ibu kader Posyandu ini pun diberikan sebuah training selama tiga hari, yaitu Pelatihan Ibu Warung Anak Sehat.

Pelatihan yang berlangsung di Kadudampit 12-14 April 2011 ini mengajak para peserta agar menguasai peran sebagai kader Ibu Warung Anak Sehat. Para kader diberikan materi di antaranya Menjadi Pengusaha Sukses, Mandiri dengan Warung Retail, Keuangan Mikro Syariah, dan berbagai materi yang menunjang peran dan fungsi sebagai kader Ibu Warung Anak Sehat.

Program pemberdayaan di daerah ini tak hanya menyiapkan para kader, namun juga direncanakan menyiapkan beberapa bangunan warung yang menyediakan berbagai produk yang mendukung terjaminnya kesehatan anak, penguatan Posyandu dan berbagai program penguatan kesadaran akan kesehatan dan gizi bagi anak.[Hery D. Kurniawan]