hit counter code


Idul Adha di Cotabato Mindanau

Kurban, | Tue 09/2016 08:38:18
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Allahu Akbar Allahu Akbar....lantunan takbir di malam menjelang Idul Adha kami lakukan di mushola kecil di pelosok Cotabato. Tidak seperti di Indonesia yang terdengar takbir secara bersahutan sampai pagi, di daerah ini tidak terdengar suara takbir di setiap masjid atau mushola.

Pagi hari kami dari Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa bersama mitra dari Action Caring Team Mindanao melakukan sholat Idul Adha di masjid Al Basyir yang besar. Masjid ini dibangun secara pribadi oleh seorang pengusaha di Mindanau.

Khotbah yang dilakukan dengan bahasa Tagalog ini membahas tentang makna Qurban secara mendalam dan semangat sehingga banyak jamaah menangis. Alhamdulillah setelah sholat Idul Adha kami dijamu oleh tuan rumah dengan makanan khas Mindanau yaitu tapei, pastel (arem-arem) dan kue pisang.

Perjalanan dilanjutkan menuju lokasi pemotongan hewan kurban yang dilakukan di 6 lokasi. Alhamdulillah THK Dompet Dhuafa menyalurkan 50 ekor sapi ke Cotabato Mindanau Philipina. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban insya Allah dilakukan dalam 3 hari karena jarak antar daerah cukup jauh yaitu sekitar 2 sampai 4 jam perjalanan.

Jalanan cukup sulit dilalui karena jalan tanah yang bergelombang, perlahan mobil menuju lokasi, tetapi akhirnya berhenti karena tidak bisa melewati jalan yang rusak.Selama perjalanan kami dapati kondisi masyarakat yang sangat miskin, rumah atau sebenarny kurang layak disebut rumah dibuat dari papan seadanya. Hidup sangat sederhana dengan listrik yang terbatas yaitu satu rumah hanya diberikan jatah 1 lampu.

Tidak banyak kami dapati masjid yang melakukan pemotongan hewan kurban, banyak masjid yang sepi tidak ada pemotongan karena kondisi ekonomi yang sulit. Alhamdulillah Indonesia melalui THK Dompet Dhuafa dan Malaysia melalui MARA datang dengan kepedulian membawa hewan kurban, sehingga bisa menyemarakkan hari Idul Adha di Mindanau.

Terlihat wajah-wajah yang bahagia ketika menerima daging kurban, karena daging adalah makanan yang sangat mewah bagi mereka. Kebahagiaan lainnya adalah mampu bersama-sama melakukan pemotongan hewan kurban yang tidak bisa dilakukan setiap tahun.Semoga Allah membalas pahala berlipat ganda kepada para pekurban, petugas kurban dan seluruh penerima manfaat kurban. Aamiin (Dompet Dhuafa/ Herman Budianto)

Batas Akhir Kurban di Dompet Dhuafa 13 Sept 2016