hit counter code


Tebar Hewan Kurban hingga Bumi Hibualamo (2)

Kurban, | Tue 09/2016 08:47:06
Dompet Dhuafa Post Image
Share

"Momen Silaturahmi Warga Ibu Kota dengan Warga Halmahera"

Sebanyak 10 ekor sapi jenis Bali berukuran kisaran 250-300 kilogram tampak dikumpulkan usai Salat Idul Adha, Senin (12/9) di halaman Masjid Baburrahman, Desa Tafasoho, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Sepuluh sapi tersebut merupakan sebagian dari 12.000 lebih hewan kurban masyarakat Indonesia yang diamanahkan melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa untuk disebar di 25 provinsi di Indonesia.

Menjelang disembelih, para petugas pemotongan mengambil foto sapi beserta papan berisi nama-nama pekurban atau donatur yang berkurban melalui Dompet Dhuafa. Ini dilakukan sebagai bahan dokumentasi yang akan dikirim kepada pekurban sebagai laporan pertanggung jawaban Dompet Dhuafa. Menginformasikan kepada mereka, bagaimana penampakan hewan kurban, disembelih dan dibagikan di mana hewan kurban tersebut.

Momen inilah yang membuat saya acapkali merinding saat bertugas menjadi tim Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa di berbagai daerah pelosok Nusantara. Aih....andai beberapa para kekurban bisa turut serta menyaksikan langsung. Andai mereka merasakan bagaimana perjalanan mendaki gunung, melewati lembah, menyusuri sungai, berjalan kaki belasan kilometer atau menyebrang lautan berjam-jam menggunakan perahu sembari mensyukuri alam Indonesia nan kaya untuk bersilaturahmi dengan warga lokal.

Namun lebih dari itu. Kebahagiaan tak ternilai adalah saat bertemu dengan warga setempat penerima manfaat THK Dompet Dhuafa. Bagaimana melihat mimik wajah bahagia mereka secara langsung mendapatkan daging kurban. Senyum lepas mereka saat bercerita hadirnya daging kurban mengakhiri puasa tidak makan daging selama setahun. Sungguh bertemu dengan mereka membuat diri ini malu selalu menggerutu.

Alhamdulillah. Di Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 500 kepala keluarga dhuafa dari 21 desa mendapatkan manfaat kurban THK Dompet Dhuafa.

Para pekurban THK Dompet Dhuafa yang semoga Allah selalu rahmati. Laporan kami nanti semoga bisa mewakili deskripsi gambaran di atas. Insya Allah program THK Dompet Dhuafa juga menjadi wadah silaturahmi antara warga Ibu Kota atau warga kota besar lainnya dengan warga pelosok Tanah Air. Semoga menguatkan persaudaraan dan persatuan. Karena bagaimanapun,
Kitorang semua basudara kong! (Dompet Dhuafa/Yogi Achmad Fajar)

Batas Akhir Kurban di Dompet Dhuafa 13 Sept 2016