hit counter code


Berhijrah, Saatnya Berbagi Berkah dengan Alam

Lingkungan, Nasional, | Wed 10/2016 17:28:39
Dompet Dhuafa Post Image
Share

KARAWANG -- Perjalanan panjang dari Jakarta menuju Karawang dan disambung dengan perahu motor, harus dilalui puluhan volunteer. Bergerak pelan sekitar 30 Km/jam, perahu melaju menyusuri sungai dengan sajian kehidupan sosial masyarakat setempat dan alam Cibuaya. Di separuh perjalanan, hutan mangrove yang sekaligus berfungsi sebagai hutan lindung menghampar di sisi kiri perahu. Satwa liar khas pesisir, menyapa ramah di sepanjang perjalanan.

Setelah hampir 45 menit, perahu menyusuri sungai di Cibuaya, mulai tampak refleksi perkampungan Sedari di pesisir pantai utara tersebut. Saat kapal bersandar, warga pun menyapa dengan ramah kedatangan para volunteer yang ingin berbagi berkah untuk alam Kampung Sedari, melalui pencanangan program penanaman 10.000 bibit mangrove.

Kawasan pesisir Sedari merupakan daerah terisolir dan salah satu yang terdampak besar terhadap abrasi pantai. Kini di Pantai Sedari taka da lagi kebun semangka, semua tergerus oleh abrasi. Bahkan, bibir pantai kini mulai merangsek ke pemukiman warga. Di wilayah yang telah puluhan tahun menjadi ladang sumur bor minyak bumi tersebut, kini kerap dilanda banjir saat air pasang.

“Ini adalah upaya menjaga alam semesta yang telah banyak mengalami perubahan, termasuk iklimnya. Dimana daerah ini menjadi salah satu kawasan terdampak besar akan abrasi pantai. Sehingga perlu adanya aksi-aksi, guna meminimalisir dampak abrasi pantai. Salah satunya melalui penanaman 10.000 bibit mangrove di Sedari ini,” ungkap Syamsul Ardiansyah, Manajer Semesta Hijau Dompet Dhuafa, saat ditemui di sela penanaman bibit mangrove di Pantai Sedari, Cibuaya, Karawang, Rabu (12/10).

Menanamkan kebaikan untuk alam yang telah lama menyajikan semua kebutuhan hidup manusia, kini menjadi hal yang wajib bagi kita semua. Di bulan yang baik ini, bulan dimana Rasulullah SAW, menanamkan nilai-nilai kebaikan pada momen hijrah. Kali ini momen hijrah dimaknai Dompet Dhuafa dan The Body Shop Indonesia, serta masyarakat Kampung Sedari, dengan menanam mangrove.

“Senang sekali atas terlaksananya kegiatan yang telah lama direncanakan bersama. Momen Ramadhan lalu, menjadi titik awal dimulainya kerjasama Sedekah Pohon. Dari donasi seluruh customer dan teman-teman The Body Shop Indonesia, akhirnya di momen hijrah ini,  kami bersama Dompet Dhuafa serta masyarakat Kampung Sedari, mulai menanam 10.000 mangrove. Semoga program Sedekah Pohon ini bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” tutur Isabella Silalahi, Marketing Director The Body Shop Indonesia.

Tak hanya penanaman 10.000 bibit mangrove, para volunteer The Body Shop Indonesia dan Dompet Dhuafa, juga akan menggelar pelatihan pembibitan mangrove. Dalam konteks ini adalah mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya. Saat semua saling menjaga, merawat dan memiliki kesadaran untuk memberikan yang terbaik bagi alam. Di situlah harmonisasi alam dan diri kita terjalin. Mari sayangi dan rawat semesta ini, agar bumi kembali asri. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)