hit counter code


Pelatihan Kerja Bagi Mereka yang Putus Sekolah

Kesehatan, | Tue 03/2015 14:20:13
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SEMARANG– Peserta pelatihan manajemen hotel program pelatihan kerja Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) mengikuti pembekalan di kantor DD Jateng, Senin (2/3). Ada empat orang yang telah lolos menjadi peserta.

Pembekalan dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan juga suntikan percaya diri bagi mereka. Pimpinan cabang DD Jateng Imam Baihaqi memberikan pesan kepada mereka untuk sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini.

“Yang bisa mengubah nasib itu adalah teman-teman sendiri, kami hanya bisa memfasilitasi dengan memberikan pelatihan. Maka bersungguh-sungguhlah mengikuti program pelatihan ini, juga jangan lupa berdoa. Kami sangat senang bila usai pelatihan kami mendengar teman-teman sudah bekerja,” ujar Imam.

Pembekalan ini juga disertai penandatanganan kerjasama antara DD Jateng, Lembaga Pelatihan Kerja Wisata Utama, dan Ponpes Saubari Bening Hati. Manajer Wisata Utama Imma Rina Valeri sangat senang bisa bekerjasama dalam program DD Jateng untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Imma menuturkan bahwa peserta tidak perlu khawatir karena mereka akan dimagangkan di hotel-hotel syariah seperti Hotel Grasia dan Muria.

“Jangan berpandangan bahwa hotel itu selalu negatif, hotel jaringan kami seperti Grasia dan Muria sangat mendorong karyawannya untuk beribadah. Bahkan ketika shalat jumat, karyawan laki-laki semuanya harus shalat jumat,” tegasnya.

Pimpinan Ponpes Saubari Bening Hati, Gerry Nuswantoro menyatakan bahwa selama pelatihan, peserta akan tinggal di pondok pesantren dan mengikuti kegiatan keagamaan yang diadakan pondok. “Jadi program ini tidak hanya memberikan pelatihan keterampilan kerja, tetapi juga menanamkan akhlak islami melalui kegiatan pondok pesantren,” kata Genry.

Pelatihan manajemen hotel merupakan salah satu program DD Jateng yang memberikan pelatihan kerja bagi masyarakat usia produktif yang putus sekolah. Tujuannya adalah setelah diberikan pelatihan, mereka mempunyai bekal keterampilan untuk melamar pekerjaan. Sebelumnya, DD Jateng telah mengadakan pelatihan desain grafis dan servis handphone.

Untuk pelatihan manajemen hotel sendiri, terselenggara atas kerjasama DD Jateng, lembaga pelatihan kerja Wisata Utama, dan pondok pesantren Saubari Bening Hati. Pelatihan diberikan selama enam bulan hingga Agustus mendatang dengan konsep materi di kelas dan magang di hotel.