hit counter code


Berbagi Ilmu Tentang Sedekah

Sosial, Dakwah, Nasional, | Mon 10/2016 14:33:04
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Kamis (27/10) lalu, HijUp bekerjasama dengan Dhompet Dhuafa mengadakan pengajian bertema “Sedekah Dalam Islam”. Hadir sebagai pembicara pada pengajian tersebut adalah Ustadz Syahid Joban dan Peggy Melati Sukma. Pengajian yang bertempat di Gedung HijUp HQ Pejaten Corner, Jakarta Selatan, dipenuhi oleh muslimah dari berbagai daerah dan juga karyawan-karyawati HijUp.

Dalam pengajian tersebut Ustadz Syahid Joban menerangkan, mengapa manusia terkadang masih sulit untuk bersedekah? Salah satunya adalah karena kecintaannya terhadap dunia. Manusia masih terkadang merasa memiliki segalanya. Padahal semua yang dimiliki sejatinya adalah milik Allah. Selain itu, Ustadz Syahid Joban juga menerangkan manfaat sedekah. Setidaknya ada tiga poin manfaat sedekah yang beliau sampaikan, pertama menolak bala, kedua menghapus dosa masa lalu, dan yang ketiga memperpanjang umur. Beliau juga mengingatkan bahwa ibadah-ibadah lainnya seperti shalat, zakat, dan haji itu adalah bagian dari sebuah rumah. Maka sedekah adalah isi dari rumah tersebut.

Sejalan dengan tema pengajian, Peggy Melati Sukma, artis sekaligus motivator hijrah, bercerita mengenai perjalanan hidupnya. Dalam sharing yang ia tuturkan, salah satu pesan Peggy adalah agar kita tidak perhitungan dalam bersedekah.

“Kita kadang kalau bersedekah masih mikir nanti besok makan apa, nanti uang saya buat besok bagaimana. Tenang aja! Semuanya Allah yang akan ngasih. Saya dulu bisnis saya hancur, rumah saya dijual, rumah tangga saya berantakan, karir keartisan saya ambruk, tapi lihat, Allah masih ngasih saya hidup. Saya masih bisa hidup sampai detik ini, Alhamdulillah. Syukuri saja,” ujar Peggy, berapi-api.

Peserta pengajian seperti tersihir oleh penyampaian materi dua pembicara tersebut. Waktu pengajian 2 jam tidak terasa berlalu. Karena penuturan pembicara yang menarik.

“Pengajian ini memang rutin, bertujuan sebagai majelis ilmu untuk para muslimah. Kali ini kita membahas mengenai sedekah dalam Islam sebagai bentuk reminder bagi kita para muslimah agar tidak lupa untuk bersedekah. Karena sedekah itu adalah salah satu ibadah yang penting untuk membersihkan harta kita,” papar Diajeng Lestari, CEO HijUp. (Dompet Dhuafa/Dea)