hit counter code


Yuk Lakukan 7 Kebaikan Kecil

Nasional, | Tue 11/2016 14:51:48
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Kebaikan tak harus selalu diwujudkan atau dilakukan pada hal yang besar saja. Tetapi saat kita melakukan kebaikan-kebaikan kecil, namun dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, terlebih dapat membahagiakan orang lain tentu hal tersebut akan lebih bermakna. Mari kita terus hadirkan kebaikan-kebaikan kecil untuk dapat menebar bahagia terhadap insan yang lainnya. Kebaikan kecil apa saja yang dapat kita hadirkan? Yuk simak poin-poin di bawah ini: 

Ucapkan terimakasih

Kesibukkan kita yang padat, seringkali membuat lupa akan jasa-jasa orang di sekeliling kita. Padahal tak jarang dengan jasa-jasa kecil mereka itulah yang membuat kegiatan kita berjalan lancar. Sebut saja jasa sopir angkot, satpam, tukang ojek, tukang parkir, dan “pak ogah,” yang kadang luput dari apresiasi kita. Mulai sekarang, yuk kita biasakan ucapkan “terimakasih” kepada mereka yang punya jasa-jasa kecil dalam kehidupan kita. Setelah dibantu oleh Satpam untuk menyebrang jalan, kita ucapkan terimakasih. Setelah membayar angkot, kita ucapkan juga terimakasih kepada sopir angkot. Hal itu bukan saja sebagai bentuk apresiasi kita. Tetapi juga bisa menambah semangat mereka, karena merasa dihargai.

Berdoa di pagi hari

Sahabat, alangkah baiknya jika aktivitas kita tiap harinya diawali dengan berdoa. Namun akan lebih baik jika kita tidak hanya mendoakan diri kita sendiri. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Maka dari itu, yuk biasakan berdoa di pagi hari sebelum memulai aktivitas kita. Selain mendoakan diri sendiri, jangan lupa juga mendoakan kebaikan untuk orang tua, keluarga, teman-teman, dan sahabat-sahabat kita.

Menebar senyum dan sapa

Sahabat pasti sudah tahu bahwa senyum mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi stress. Dengan menebar senyum, kita juga telah mentransfer energi positif kepada orang lain. Jangan lupa lengkapi senyummu dengan sapaan ya, Sahabat.

Tertib berlalu lintas

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah karena pelanggaran peraturan lalu lintas. Maka jadikan kebiasaan tertib lalu lintas sebagai jalan bagi kita melakukan kebaikan. Misalnya dengan berhenti jika ada penyebrang jalan di zebra cross, atau dengan memberi jalan kepada ambulans atau mobil pemadam kebakaran.

Membawa bekal lebih

Sekarang ini banyak dari kita yang memilih untuk membawa bekal ke sekolah atau ke kantor. Selain lebih bersih, dengan membawa bekal, kita juga bisa berbagi dengan teman-teman. Maka dari itu, kebaikan kecil yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan membawa bekal lebih. Tujuannya adalah agar bisa dibagi dengan teman-teman sekitar.

Membeli semangat

Sahabat, mungkin banyak dari kita sering bertemu dengan kakek atau nenek yang tetap berjualan meski tubuhnya sudah renta. Atau pedagang yang tubuhnya tidak sempurna. Melihat hal itu terkadang hati kecil kita tergerak ingin membeli barang dagangannya. Jika ada hal itu tersirat di hati sahabat, maka lakukanlah. Mungkin kita memang tidak begitu memerlukan barang yang dijualnya, namun niatkan hal itu sebagai upaya Sahabat untuk membeli semangat mereka.

Sedekah

Sahabat pasti sudah tahu tentang banyaknya manfaat sedekah. Sedekah pun jadi salah satu jalan kebaikan yang bisa dengan mudah kita lakukan. Sedekah tidak melulu harus dalam jumlah besar. Dalam bentuk kecil namun rutin akan sangat baik. Karena tahukah sahabat, di dalam rezeki kita, ada pula hak bagi para kaum miskin. Maka dari itu, yuk kita rutinkan bersedekah! (Dompet Dhuafa/Dea)