hit counter code


Edukasi Kesehatan, RST Dompet Dhuafa Gelar Lomba Bayi Sehat

Kesehatan, | Wed 03/2015 17:13:32
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR – Dalam rangka memberikan sosialisasi serta edukasi kesehatan, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan Lomba Bayi Sehat bagi para penerima manfaat dan masyarakat umum, Selasa (3/3).

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Kreativitas, Kecerdasan Menuju Bayi Sehat, Ceria, dan Berprestasi” kurang lebih sebanyak tiga puluh bayi hadir memenuhi Aula Dzikir RST Dompet Dhuafa, di Bogor, tempat acara berlangsung.

Dalam sambutannya, Direktur RST Dompet Dhuafa dr. Yahmin Setiawan, MARS menuturkankegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan pada orang tua yang baiknya dilakukan sejak bayi.

“Nantinya akan ada edukasi serta pemeriksaan kesehatan, semoga ini dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk para orang tua agar kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, sholeh, sholehah,” ucapnya.

Menghadirkan dokter spesialis anak serta spesialis gizi klinik RST Dompet Dhuafa untuk menunjang pemeriksaannya, bayi-bayi tersebut pun dibagi menjadi dua kategori usia.

“Kami bagi menjadi dua kategori, pertama kategori A yaitu bayi usia 0-6 bulan, dan kategori B yaitu bayi usia 6 -12 bulan.” Ucap ketua panitia lomba, Inda.

Untuk menjadi juara, bayi-bayi dalam kedua kategori tersebut harus melewati beberapa pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik, gizi, dan Denver Development Screening Test (DDST). DDST adalah salah satu metode screening terhadap kelainan perkembangan anak seperti perkembangan personal sosial, motorik halus, bahasa dan motorik kasar.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan edukasi mengenai pentingnya ASI dan Imunisasi bagi anak. “ Tidak ada alasan untuk tidak memberikan ASI untuk bayi, karena ASI adalah asupan penting untuk bayi. Begitu juga dengan imunisasi, seperti BCG untuk mencegah TBC, Hepatitis B, polio, DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis) dan campak wajib diberikan” ucap dr. Winda, Sp.A.

Desi , ibunda dari Keysa bayi berusia 2 bulan yang menjadi pemenang pada kategori B, meluapkan kegembiraannya. Ia tak menyangka, keikutsertaan dalam kegiatan yang awalnya hanya sebatas menambah pengetahuannya akhirnya dapat pulang sebagai juara.

“Awalnya cuma ingin nambah pengetahuan karena dari ahlinya langsung kan, eh ternyata juara Alhamdulillah,” ucapnya.

Desi pun berbagi tips bagi para orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas.

“ASI yang paling penting. Terus berikan ASI pada bayi, kalau bisa sampai usianya menginjak 2 tahun karena ASI merupakan asupan penting untuk bayi,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Yahmin pun berharap semoga kegiatan ini dapat terlaksana rutin di tahun-tahun mendatang dengan penyelenggaraan dan jumlah peserta yang lebih besar serta melibatkan fasilitas kesehatan seperti puskesmas agar manfaatnya lebih terasa. (tie/gie)