hit counter code


Dukungan Dalam Upaya Memasyarakatkan Gerakan Wakaf

Wakaf, Nasional, | Thu 12/2016 19:28:51
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Wakaf pada dasarnya adalah untuk keabadian harta dan pahala, sekaligus juga untuk kesejahteraan umat. Dukungan atas pembentukan forum wakaf produktif ini, disampaikan oleh Dirut BNI Syariah Imam Saptono. Menurutnya, BNI Syariah mendukung segenap upaya untuk memajukan perwakafan di Indonesia.

Dukungan yang sama diutarakan oleh Deputi Direktur Bank Indonesia, Ascarya. Pasalnya, ketika krisis tahun 1997-1998, sektor ekonomi syariah mampu bertahan disaat sektor ekonomi konvesional bertumbangan. Wakaf adalah salah satu sektor ekonomi syariah. “Maka kami sadar bahwa kita harus memperkuat sektor ekonomi syariah,” kata Ascarya.

Tindak lanjut pembentukan forum wakaf produktif ini antara lain, pertama untuk mengubah mindset masyarakat, bahwa wakaf dapat dikerjakan dalam bilangan-bilangan kecil. Sehingga tidak selalu dikerjakan dalam bilangan besar yang identik dengan kemampuan kelas menengah ke atas. Itu artinya, seluruh segmen masyakarat dapat menunaikan wakaf sesuai kemampuannya masing-masing melalui nazhir yang dapat menghimpun dan mengelolanya. Kedua, melakukan optimalisasi pengelolaan asset wakaf, agar menjadi sumber ekonomi produktif yang dapat meningkatkan produksi serta menyerap lapangan pekerjaan.

Kemudian yang ketiga, optimalisasi sektor ekonomi wakaf. Sehingga memberikan multiplier efek positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk kalangan mawkuf alaih atau penerima manfaat dari surplus wakaf yang dikelola. Keempat, meningkatkan sinergitas antar stake holder dunia wakaf yang berfungsi sebagai saling berbagi dan saling meningkatkan kompetensi pengelolaan asset wakaf yang menjamin keberlangsungan usahanya. Kelima, mendorong perbankan syariah agar meningkatkan perannya untuk kemajuan wakaf dengan melakukan terobosan-terobosan positif di dalam menstimulus dunia usaha berbasis asset wakaf. Keenam, mencanangkan hari wakaf produktif nasional pada tahun 2017.

Soft Launching Forum Wakaf Produktif ini terselenggara berkat kerjasama BWI dengan BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, Dompet Dhuafa, Wakaf Al Azhar, Global Wakaf, Rumah Wakaf, Perhimpunan BMT Indonesia, Yayasan Wakaf Bangun Nurani  Bangsa, Sinergi Foundation/Wakafpro 99, Wakaf Daarut Tauhiid, dan Wakaf Bani Umar. (Dompet Dhuafa/Dea)