hit counter code


Catatan Emas Prestasi SMART Ekselensia Indonesian Tahun 2016

Nasional, | Mon 01/2017 15:14:52
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Smart Ekselensia Indonesia (SMART) sudah lama dikenal sebagi salah satu sekolah berprestasi. Sejak didirikan tahun 2004, berbagai prestasi diraih oleh sekolah berasrama yang bertempat di Parung, Bogor. Tahun 2016, catatan prestasi SMART kembali bertambah. Ditemui di kantor SMART, M.Syafei, General Manager SMART, bercerita mengenai prestasi yang diperoleh SMART pada tahun 2016.

Tahun 2016, SMART mengikuti Olimpiade Sains Nasional di beberapa mata pelajaran. Di tingkat SMP, SMART berhasil mengirimkan perwakilan di mata pelajaran IPS sebagai perwakilan Kabupaten Bogor ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Di tingkat SMA, SMART menjadi perwakilan Kabupaten Bogor untuk bertanding di tingkat provinsi dalam mata pelajaran astronomi dan kebumian.

Selain dalam bidang akademik, SMART juga menorehkan prestasi di bidang olahraga dan kesenian. “Selain OSN, SMART juga mengikuti O2SN, yaitu olimpiade di bidang olahraga dan seni. Di O2SN, SMART berhasil mendapatkan emas di tingkat kabupaten untuk cabang olahraga silat dan atletik. Dengan itu, SMART berhasil mewakili Kabupaten Bogor, bertanding di tingkat provinsi,” ujar M.Syafei, General Manager Smart Ekselensia Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh SMART bukan hanya datang dari siswa-siswanya, guru-guru SMART juga mencatatkan beberapa prestasi di tahun 2016. “ Di tahun 2016, 3 guru SMART terpilih menjadi instuktur untuk pelatihan guru tingkat kabupaten dan nasional. Dua orang terpilih menjadi instruktur tingkat kabupaten atasnama Rubi Purwanto dan Nurhayati. Kemudian satu orang yang terpilih menjadi instruktur tingkat nasional atasnama Ulfi Ukhrowati. Mereka secara berkala diminta oleh Dinas Pendidikan mengisi pelatihan di Kabupaten untuk instruktur tingkat kabupaten, dan untuk instruktur tingkat nasional akan mengisi pelatihan guru minimal tingkat provinsi,” tambah pria yang kerap disapa Ustadz Syaf ini.

Selain itu, tahun 2016 SMART berhasil melaksanakan even yang bersifat nasional, yaitu Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) yang ke-7. Peserta OHARA datang dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya dari Kalimantan. Even lainnya yang berhasil dilaksanakan oleh SMART adalah lomba kepramukaan “Lomba Pramuka Penggalang” atau LP3. Tahun 2016 merupakan tahun ke-2 pelaksanaan perlombaan pramuka se-Jawa Barat. Rencananya di tahun 2017 SMART akan kembali melaksanakan OHARA dan kegiatan baru yang bertema kepemimpinan. (Dompet Dhuafa/Dea)