hit counter code


Tebar 1.000 Senyum untuk Jonggol

Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Nasional, | Thu 02/2017 16:17:00
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Minggu 12 Februari lalu, kawasan Car Free Day Alun-Alun Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, terlihat berbeda. Hari itu, warga yang mengunjungi kawasan CFD terlihat antusias dengan adanya mobil Aksi Layanan Sehat (ALS) Dompet Dhuafa. Memang, pada hari itu, mobil tersebut khusus hadir untuk menebar senyum kepada warga Jonggol. Mobil ALS membuka layanan pukul 08.00 WIB dan langsung diserbu oleh warga. Mobil ALS menyediakan layanan tes kesehatan cuma-cuma seperti cek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Antusias warga terlihat dari antrian yang terus memanjang meski gerimis turun.

Selain ALS, hari itu masih di sekitar wilayah CFD Jonggol, Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Pusat Sumber Belajar menggelar rangkaian acara di Taman Baca Halaman Baru. Tergugah dengan semangat para pendiri taman baca ini, Pusat Sumber Belajar mengadakan acara donasi buku sekaligus menghibur anak-anak pengunjung taman baca.

“Taman Baca Halaman Baru merupakan taman baca yang didirikan secara sukarela oleh teman-teman Brandalun yang berasal dari Jonggol dan sekitarnya. Sebelumnya kita belum mempunyai tempat, dan hanya membuka lapak di halaman bangunan bekas puskesmas. Setelah melihat antusias warga terhadap lapak ini, akhirnya kita meminta izin untuk memanfaatkan bangunan bekas puskesmas sebagai taman baca. Akhirnya berdirilah taman baca Halaman Baru,” ujar Faisal, salah satu pengurus taman baca.

Namun buku yang terbatas terkadang membuat warga enggan untuk berlama-lama di taman baca. Maka dari itu, setelah menerima kabar dari Komunitas Honda Vario Club (HVC) Jonggol, Pusat Sumber Belajar Dompet Dhuafa Pendidikan menginisiasi acara Tebar 1.000 Senyum untuk Jonggol.

“Hari ini kita mengadakan kegiatan donasi buku sekaligus mengadakan hiburan sederhana untuk anak-anak sekitar sini. Kita adakan mendongeng, menonton film bersama, bermain games, dan kelas kreasi. Donasi buku yang kami bawa hari ini untuk Taman Baca Halaman Baru bukan saja dari Pusat Sumber Belajar. Namun juga dari komunitas HVC dan Ertiga Club Indonesia (ERCI) Depok. Semoga sumbangan buku ini dapat menambah minat baca anak-anak di Jonggol. Selain itu, kita juga adakan ALS sebagai bentuk perhatian Dompet Dhuafa kepada kesehatan masyarakat,” ujar Eko Sriyanto, Supervisor PSB Dompet Dhuafa Pendidikan.

Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan dari komunitas HVC dan ERCI Depok. Tentunya dengan membawa sumbangan buku-buku.

“Buku-buku ini kami kumpulkan dari anggota komunitas ERCI Depok. Ada yang memang buku bekas dan beberapa juga buku baru. Jumlahnya sekitar 500 buku. Semoga bisa bermanfaat untuk warga Jonggol, dan semoga Taman Baca Halaman Baru bisa terus berkembang,” ujar Dendi, Penasihat ERCI Depok.

Senada dengan Dendi, Aliel Madani, Korwil HVC DKI-Jabar, mengaku antusias dengan rangkaian acara ini.

“Kami dari HVC mengucapkan terimakasih kepada Dompet Dhuafa yang telah bersedia menginisasi acara ini. Semoga acara ini bisa bermanfaat, dan buku-buku sumbangan dari HVC, Dompet Dhuafa, dan ERCI dapat menambah pengetahuan warga Jonggol khususnya anak-anak. Sehingga minat membaca masyarakat terus terbangun dan terjaga,” ujar Aliel. (Dompet Dhuafa/Dea)