hit counter code


Sosialisasikan Gerakan #Zakat360 Dengan Berbagi Takjil

Sosial, Nasional, Zakat, | Wed 06/2017 13:37:44
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- Belasan relawan dan tim Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, membagikan takjil di kawasan lampu merah Margonda Raya, Depok, Rabu (7/6). Tim LPM menyiapkan 200 takjil untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar lokasi dan pengguna jalan. Tidak hanya berbagi berkah Ramadhan, Dompet Dhuafa juga mensosialisasikan gerakan #Zakat360 kepada pengendara dan masyarakat di jalan Margonda Raya.

Demi melajutkan misi besar membuka belenggu kemiskinan, Dompet Dhuafa membuat semangat gerakan #Zakat360 untuk mengurai tantangan kemiskinan yang ada pada lima bidang kehidupan yaitu ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, dan iman taqwa. Jika 180 derajat lumrah di telinga kita akan sebuah makna perubahan drastis. Maka Dompet Dhuafa mengusung #Zakat360, buka belenggu kemiskinan dengan makna perubahan total. Sebuah harapan perubahan dari orang yang menerima zakat (mustahik) menjadi orang yang mengeluarkan zakat (muzakki).

Ada tiga titik pembagian takjil sekaligus sosialisasi gerakan #Zakat360, yakni lampu merah Margonda arah Jakarta dan Bogor, serta Lampu Merah Juanda. Alhasil semua elemen masyarakat seperti pedagang, pejalan kaki, dan pengendara kendaraan bermotor dapat terjamah oleh takjil gratis yang telah disediakan. Tak ketinggalan salah satu pedagang asongan bernama Imam, merasakan manfaat dengan menerima berkah Ramadhan melalui sebar takjil. Ia pun merasa terbantu dengan adanya aksi tersebut.

“Alhamdulillah, saya merasa senang sekali dan terbantu dengan adanya kegiatan berbagi takjil di lampu merah Margonda Raya. Biasanya saya harus mencari minuman atau makanan untuk berbuka di sekitar sini. Tetapi hari ini ada yang memberikannya secara cuma-cuma. Terima kasih saya ucapkan untuk Donatur Dompet Dhuafa,” ujar Imam.

Selain menyampaikan komentar, Imam juga tak segan menyampaikan harapan untuk Dompet Dhuafa. Meskipun awam, ia menarik kesimpulan bahwa Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga sosial yang bergerak membantu dhuafa di Indonesia. “Saya berharap Dompet Dhuafa menjadi lembaga yang lebih baik dalam melayani dan membantu kaum Dhufa. Masih banyak sekali orang yang harus dibantu di negara ini,” tambah Imam.

Untuk menarik minat masyarakat dan pengendara yang melintasi jalan Margonda Raya, tim relawan menggunakan atribut yang bertuliskan anjuran untuk berzakat dan membagikan balon gratis kepada anak-anak. Selain itu, Bang Sidik sebagai maskot Dompet Dhuafa ikut serta meramaikan kegiatan berbagi takjil dan sosialisasi gerakan #Zakat360. Tidak lupa, tim relawan memberikan edukasi zakat melalui brosur yang disebar selama kegiatan berlangsung. Diharapkan masyarakat akan memahami konsep zakat, dan kemudian berkeinginan untuk mengeluarkan zakat. (Dompet Dhuafa/Eva Fauziah)