hit counter code


Meneladani Semangat Hidup Penjaga Perlintasan Kereta Api

Sosial, Nasional, | Tue 06/2017 16:27:21
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- Program “Parsel Lebaran Untuk Indonesia” adalah program khusus di bulan Ramadhan yang disiapkan bagi karyawan, nasabah/pelanggan mitra, dan donatur Dompet Dhuafa yang ingin berbagi kebahagiaan kepada dhuafa di seluruh negeri. Salah satu penerima manfaatnya adalah Yakub yang berprofesi sebagai penjaga pintu rel kereta di Depok.

Meskipun sudah memasuki usia senja, tidak menyurutkan semangat Yakub untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan halal. Ia sudah menekuni pekerjaannya hampir 20 tahun sejak tahun 1990. “Saya sudah jaga pintu rel kereta sejak tahun 1990 dan orang-orang yang sering lewat sini, pasti tidak asing dengan saya. Hampir setiap hari saya di sini dari pagi,” ujar Yakub, saat diwawancarai di sela kesibukannya, pada Senin (12/6).

Jam kerja Yakub dimulai dari 08.00 hingga 17.00 WIB dengan penghasilan Rp 40.000 – Rp 50.000 per hari. Perolehan itu didapat dari para pengendara yang melewati rel kereta api. Entah karena para pegendara bersimpati atau sebagai ungkapan terima kasih atas jasa Yakub, yang telah mengatur arus kendaraan dan mengurangi kemacetan. Kini Yakub tinggal di rumah anak perempuaannya yang tidak jauh dari tempat ia bekerja.

Edi Rahmat salah satu petugas penjaga pos pintu perlintasan PT. Kereta Api Indonesia (KAI), bercerita bahwa Yakub adalah sosok yang sederhana. Di tengah keterbatasan ekonomi yang menghimpitnya, tak segan ia mengeluarkan sebagian rezekinya untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Tidak lupa Yakub selalu bersyukur dengan rezeki yang didapatnya setiap harinya.

“Pak Yakub suka sekali memberikan rezekinya kepada anak-anak jalanan, pengemis, hingga pengamen. Meskipun saya tahu uangnya tidak seberapa, tetapi ia masih dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang membutuhkan,” ungkap Edi Rahmat.

Di usianya yang memasuki 75 tahun, Yakub masih semangat menjalani kehidupannya, dan mengucapkan terima kasih kepada donatur Dompet Dhuafa. “Saya sangat senang karena orang seperti saya mendapat perhatian. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada donatur Dompet Dhuafa yang telah berbagi parsel Ramadhan. Semoga ini bermafaat untuk saya dan Allah SWT membalas semua kebaikan donatur yang telah diberikan kepada saya,” pungkas Yakub. (Dompet Dhuafa/Eva Fauziah)