hit counter code


Sampah Terlantar Ditinggal Mudik, Tim LPM Dompet Dhuafa Urus Lebaran Lalat

Sosial, Nasional, | Mon 07/2017 07:59:22
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Semenjak libur lebaran tiba, hampir seluruh penduduk Jakarta berangsur mudik ke kampung halaman. Tak terkecuali para petugas kebersihan. Mereka pun absen dalam mengurus sampah yang telah menggunung.

Gundukan sampah terlihat jelas di pinggiran Jalan Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan. Hal tersebut lantaran sampah yang telah berhari-hari pasca lebaran tidak dibersihkan. Ratusan lalat pun berpesta pora ditumpukan sampah, seolah-olah mereka juga merayakan lebaran.

Melihat fenomena ini, Tim Relawan Bersih Itu Sehat Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa bergegas turun membersihkannya. Sampah-sampah yang sudah over kapasitas tersebut, tak berselang lama sudah dibereskan para relawan.

Dimulai dari pukul 07.00 WIB, tumpukan sampah mulai dibersihkan dan puncaknya pada pukul 15.58 WIB, Rabu (28/6), sampah berhasil dibersihkan. Kemudian sampah tersebut diantar ke bak penampungan di Kantor Kelurahan Ragunan, untuk dibuang ke tempat penampungan sampah.

Dari kejadian ini menjadi jelas bahwa, urusan kebersihan tidak serta-merta menjadi tanggung jawab petugas kebersihan saja. Melainkan juga menjadi urusan semua pihak. (Dompet Dhuafa/Rico SR)