hit counter code


THK Merambah Pelosok Kamboja

Kurban, | Thu 07/2017 18:54:17
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Salah satu tujuan dari program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa adalah untuk berbagi kebahagiaan daging kurban ke daerah-daerah pelosok. Bukan hanya daerah-daerah di dalam negeri, program THK juga menyebar daging kurban hingga ke luar negeri. Salah satunya adalah Kamboja. Di Kampong Cham, sekitar 6-7 jam dari ibukota Pnom Penh, program THK menyalurkan 25 ekor sapi. Dari 25 ekor sapi tersebut, kemudian disebar ke tiga distrik diantaranya Kampong Jor, Kampong Labak, dan Kampong Jumnik.

Kampong Cham merupakan salah satu wilayah dengan mayoritas penduduk muslim. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani dan nelayan Sungai Mekong. Penduduknya hidup dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan. Walaupun harga sapi di Kamboja tidaklah mahal, masyarakat Kampong Cham tidak mampu untuk membelinya.

Hadirnya THK di sini, membuat warga Kampong Cham sangat bahagia dan antusias. Mereka berbondong-bondong datang ke lokasi penyembelihan. Bahkan semenjak pagi buta. Kebahagiaan mereka bertambah saat satu per satu kantong daging kurban dibagikan secara cuma-cuma. Dengan bahasa melayu yang terbata-bata, Amin, salah satu warga mengucapkan terimakasih kepada Dompet Dhuafa dan para donatur. Ia juga berharap program ini kembali diadakan lagi. (Dompet Dhuafa/Dea)