hit counter code


Kelompok Ternak Cipta Raharja Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban THK

Kurban, | Wed 08/2017 16:16:31
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUKABUMI -- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, Dompet Dhuafa kembali menggulirkan program Tebar Hewan Kurban (THK). Tidak hanya bertugas mendistribusikan hewan kurban saja, melainkan bertekat memberdayakan sejumlah peternak binaan yang tergabung dalam Kampoeng Terak Nusantara (KTN). Nantinya para peternak akan terlibat dalam pemenuhan kebutuhan hewan kurban.

Salah satunya adalah kelompok ternak Cipta Raharja Desa Cisitu, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi. Melalui ketua kelompok, Eman menegaskan bahwa dirinya dan anggotanya siap memenuhi kebutuhan hewan kurban tahun ini.

"Insyaallah kami siap penuhi kebutuhan hewan kurban tahun ini. Kambing-kambingnya sudah kami siapkan," ungkapnya.

Dalam upaya memenuhi target THK tahun ini yang akan mendistribusikan 25.000 hewan kurban ke 33 Provinsi, kelompok Cipta Raharja ditugaskan menyuplai 80 ekor kambing untuk menebar bahagia kepada sesama. Angka tersebut menunjukkan kenaikan dari kuota tahun sebelumnya yakni 60 ekor. Sehingga membuat para peternak optimis. Eman dan kawan-kawan justru lebih fokus merawat kambing-kambing ternaknya dengan penuh perhatian.

"Tahun ini untuk THK 80 ekor, kalo tahun lalu hanya 60 ekor. Ya walaupun naik saya dan teman-teman insyaa Allah sanggup menyediakan. Kami terus merawat kambing-kambing agar terus sehat, biar gak kurus, dan sesuai sama kriteria pesanan Dompet Dhuafa. Kalo sekarang naik ya Alhamdulillah itu rezeki kita semua," imbuhnya

Nantinya hewan kurban akan dipotong dan didistribusikan langsung oleh peternak, kemudian dibagikan ke warga sekitar. Hal itu dilakukan mengingat kondisi geografis Desa Cisitu yang susah diakses oleh kendaran. Karena memang letaknya yang sangat terpencil, sampai-sampai warganya baru sekali melihat bus masuk ke desanya. Sehingga pengadaan THK layak dilangsungkan di daerah tersebut. Sesuai dengan prinsip tebar hewan kurban yang memprioritaskan wilayah terpencil, wilayah rawan konflik dan muslim minoritas. (Dompet Dhuafa/Rico)