hit counter code


Dompet Dhuafa Banten Kembali Luncurkan Kurban Plus Sedekah

Kurban, | Wed 08/2017 17:25:35
Dompet Dhuafa Post Image
Share

KOTA SERANG -- Menyambut Idul Adha 1438 Hijriah, lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa cabang Banten, kembali meluncurkan program Tebar Hewan Kurban (THK). Jika tahun sebelumnya Dompet Dhuafa Banten membuat program Sedekah Ikan sebagai pelengkap, tahun ini mencanangkan terobosan baru yaitu Sedekah Mangrove.

“Tahun ini kami kembali membuka program THK Plus jilid keempat. Namun dengan wajah baru, yaitu Sedekah Mangrove. Berkurban sekaligus bersedekah bibit pohon Mangrove untuk program pemberdayaan kami di pesisir Banten,” ujar Abdurrahman Usman, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, pada Senin (7/8).

Usman menyatakan bahwa setiap tahunnya jumlah pekurban di Dompet Dhuafa selalu mengalami peningkatan.

“Tahun ini Dompet Dhuafa Banten menargetkan 150 hewan kurban yang di antaranya adalah kambing atau domba dan sapi. Insyaa Allah siap disalurkan kepada masayarakat Banten yang membutuhkan,” katanya.

Di tahun 1438 Hijriah ini harga hewan kurban Dompet Dhuafa dibagi ke dalam tiga kategori. Kambing atau domba standar dihargai senilai Rp1.975.000 per ekor, dan untuk kambing atau domba premium dihargai Rp2.975.000 per ekornya. Sementara harga sapi atau kerbau adalah Rp13.500.000 per ekor.

Salah satu sumber pemasok hewan kurban yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Banten adalah Kampoeng Ternak, Cipocok Jaya, Kota Serang. Kampoeng Ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa yang kini telah jauh berkembang sejak dibentuk tahun 2016 lalu.

“Kepuasan donatur dan penerima manfaat program adalah prioritas kami. Hewan ternak kami pasok dari peternak lokal hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa sendiri. Sehingga harganya menjadi lebih terjangkau bagi pekurban, dan adil serta menguntungkan bagi peternak,” papar Usman.

Mengenai wilayah distribusi daging kurban, Usman menjelaskan bahwa program THK Plus Sedekah Mangrove Dompet Dhuafa memrioritaskan penyebaran daging ke wilayah-wilayah terpencil, terpelosok, marginal, rawan pangan dan gizi, serta rawan bencana. Bukan hanya di wilayah Banten, tapi juga menjangkau ke seluruh pelosok Tanah Air, beberapa daerah konflik di luar negeri seperti Palestina, Kamboja dan Filipina.

Ketua Program THK 2017, Sofik Emeraldy mengatakan, Sedekah Mangrove merupakan gebrakan baru setelah sebelumnya Dompet Dhuafa Banten setia terhadap program Sedekah Ikan selama 3 tahun. “Bisa dibilang Sedekah Mangrove merupakan lanjutan dari program pemberdayaan kerang hijau yang telah sukses kami laksanakan di pesisir Banten. Pohon mangrove selain bermanfaat untuk mencegah erosi, juga baik untuk ekosistem hidup kerang hijau. Ditambah lagi belakangan ini kawasan mangrove juga telah dimanfaatkan menjadi lokasi wisata yang telah sukses di beberapa daerah. Kami harap lewat program Sedekah Mangrove ini kami bisa mewujudkan pemberdayaan yang lebih luas,” tuturnya.

Sofik menyampaikan, Dompet Dhuafa Banten memberikan kemudahan kepada donatur kurban dalam melaksanakan niat baiknya. Tak hanya dengan datang ke kantor Dompet Dhuafa di Kota Serang dan Cilegon, donatur juga dapat berkurban di mall, jemput kurban, dan transfer kurban.

"Kami ingin hadirkan pengalaman baru untuk kemudahan berkurban kepada masyarakat dari tahun ke tahun," pungkasnya. (Dompet Dhuafa Banten)