hit counter code


Bersama Dompet Dhuafa USA, Komunitas Imigran Pelajari Bahasa Arab

Kesehatan, | Fri 03/2015 10:32:13
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PHILADELPIA—Sebagai organisasi yang lahir dari komunitas Indonesia, Dompet Dhuafa USA (DD USA) berusaha untuk memberdayakan berbagai komunitas yang ada di Amerika Serikat. Salah satu kegiatan pemberdayaan adalah dengan menjaga kebudayaan komunitas imigran di Philadelphia.

Banyak komunitas imigran yang berasal dari negara-negara penutur bahasa Arab merasa perlu untuk mewariskan bahasa tersebut kepada generasi penerusnya. Mengingat hal tersebut, DD USA bekerja sama dengan Free Library membuka kelas Bahasa Arab bagi anak-anak komunitas imigran di Fumo Brach of Free Library di South Philadelphia belum lama ini.

"Kelas Bahasa Arab ini banyak sekali peminatnya. Baru dua pekan ini resmi dibuka dan kelas kami langsung terisi penuh dengan para siswa," ujar Nurindah Alamsyah, Arabic volunteer instructor yang juga pengurus Dompet Dhuafa USA.

Para siswa kelas Bahasa Arab ini tampak antusias memberikan setiap pelajaran yang diberikan Ms. Noura. "Saya suka belajar bahasa Arab di sini karena kami dibimbing kata per kata dan huruf per huruf," kata Yamna Bouslimani, salah seorang siswa.

Orang tua Yamna berasal dari komunitas Aljazair di South Philadelphia. "Kami sangat berterima kasih. Kami sulit sekali mendapatkan kelas seperti ini karena biasanya mahal sekali. Barakallahufiik," ujar Amiour Nassiha, orang tua siswa.

Menariknya, selain dari komunitas imigran yang berasal dari negara-negara berpenutur bahasa Arab, para siswa ada juga yang berasal dari komunitas lain, seperti komunitas Korea. "Saya memang mendorong anak-anak saya untuk belajar berbagai bahasa. Anak saya sudah belajar bahasa Korea, China, dan Vietnam. Sekarang ia belajar bahasa Arab," ujar Maria Yuen, salah satu orang tua siswa.

Menjadi perekat berbagai komunitas bahu membahu untuk tumbuh dan berdaya bersama memang menjadi salah satu misi Dompet Dhuafa USA. Para orang tua pun memahami misi ini sehingga banyak sekali yang membantu menjadi relawan atau sekedar membawa makanan ringan untuk para siswa. (haryo/gie)