hit counter code


Hari Air Sedunia, Dompet Dhuafa Serukan Kepeduliaan Hemat Mengunakan Air

Kesehatan, | Mon 03/2015 10:07:40
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Aksi tim Dompet Dhuafa Volunteer serukan kepedulian hemat mengggunakan air, di kawasan CFD Jakarta, Ahad (22/3). (Foto: Uyang/Dompet Dhuafa)

JAKARTA- Dompet Dhuafa melalui Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) menggelar  aksi turun ke jalan, mengkampanyekan pesan kepedulian terkait pentingnya berhemat dalam penggunaan air. Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh setiap 22 Maret. Sebanyak 20 volunteer beramai-ramai mengajak para pengunjung, menyuarakan kepedulian tersebut di kawasan Car Free Day (CFD), Sudirman, Bunderan HI, Jakarta, pada Ahad (22/3).

“Aksi ini bertujuan untuk mengajak pengunjung dan masyarakat sekitar di kawasan CFD ini, untuk berhemat dalam penggunaan air. Paling tidak 1 % dalam kebutuhan sehari-hari,” ujar Aditya, Koordinator Aksi Dompet Dhuafa Volunteer.

Adit menuturkan, aksi tersebut dinilainya sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan di muka bumi ini. Menurutnya, masih banyak sekali masyarakat yang kurang tahu menahu peran air dalam berbagai sektor. Padahal, air sangat berperan penting dalam berbagai sektor, baik untuk kelangsungan ekosistem bumi dan lingkungan, kesehatan,  pangan dan energi.

Selain itu, krisis air yang terjadi di beberapa wilayah belahan dunia termasuk di pelosok Indonesia terjadi semakin membesar, salah satunya akibat adanya perubahan iklim dan pemanasan global.

“Ya aksi ini bentuk usaha kami dalam menyadarkan masyarakat betapa pentingnya air untuk kelangsungan hidup generasi mendatang. Semoga setelah melihat aksi ini, diharapkan masyarakat semakin hemat dalam penggunaaan air,” ucapnya berharap.

Senada dengan Aditya, Ami, salah satu pengunjung setia kawasan CFD Jakarta, yang juga merupakan mahasiswa ini mengungkapkan, begitu antusias melihat aksi yang dijalankan Tim Dompet Dhuafa Volunteer ini. Ia pun sangat berharap, langkah nyata dari masyarakat untuk mendukung kampanye hemat dalam penggunaan air.

“Semoga masyarakat termasuk saya sendiri juga lebih bijak dalam menggunakan air untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya aksi ini saya semakin sadar, dan kelak bisa manfaatkan air sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (uyang)