hit counter code


Lewat Pos Sehat, Penjual Nasi Uduk Ini Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis

Kesehatan, | Wed 03/2015 10:41:17
Dompet Dhuafa Post Image
Share

 

Jumiati (45) warga Pamulang, saat memeriksakan kesehatan di Pos Sehat At-Taubah, Pamulang, Tangsel. (Foto:Uyang/Dompet Dhuafa)

Sore itu, antrian cukup panjang terlihat di salah satu Pos Sehat yang diprakarsai Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan. Pos sehat bernama At-Taubah ini setiap harinya membuka layanan kesehatan gratis setiap Selasa dan Kamis yang dimulai selepas Ashar hingga menjelang Magrib.

Dalam antrian tersebut, terlihat perempuan paruh baya senantiasa menunggu panggilan sang dokter untuk pemeriksaan medis. Jumiati (45), demikianlah nama sang ibu, warga asal Pamulang yang sehari-harinya bekerja membuka sebuah warung nasi uduk yang berada di sudut jalan, berdekatan dengan kawasan pos sehat.

Ia mengaku, kesehatannya akhir-akhir ini dirasakan semakin kurang membaik, terutama pada tekanan darah dan kolesterol yang dimilikinya semakin tinggi. Merasakan gejala tersebut, ibu yang dikenal ramah inipun langsung memeriksakan kesehatannya di Pos Sehat.

“Saya suka alami pusing. Gampang cape kalo sekarang. Makanya saya cepet-cepet periksa tensi darah sama kolesterol di pos sehat,” ujarnya saat ditemui pada pertengahan Maret lalu.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, Ibu beranak 3 ini menceritakan, sang dokter menyarankannya untuk mengubah pola hidupnya dalam hal menjaga makanan yang setiap harinya dikonsumsi, dan melakukan olah raga ringan seperti menghirup udara di pagi hari.

“Saya makan sembarangan banget nggak dijaga. Paling banyak makan goreng-gorengan. Tadi kata dokter saya suruh ngurangin makan yang berminyak,” jelasnya.

Memeriksakan kesehatan di Pos Sehat At-Taubah, bagi Jumiati merupakan sebuah pertolongan yang diberikan kepada ia bersama warga Pamulang lainnya yang memiliki keterbatasan ekonomi. Ia mengakui telah lama berobat di Pos Sehat yang telah berdiri sejak tahun 2006 silam itu.

“Alhamdulillah, jadi bisa berobat gratis. Ya pasti sangat terbantu sekali dengan adanya pos sehat. Semoga Pos Sehat At-Taubah semakin maju,” pungkasnya tersenyum.

Sejak berdiri, Pos Sehat At-Taubah telah melayani sebanyak 350 KK , sebanyak 95 KK telah terdaftar sebagai member LKC Dompet Dhuafa. Sebanyak 14 kader pun turut berpartisipasi membantu memberikan penyuluhan Tuberkulosis (TB), ASI, kebersihan lingkungan, dan kegiatan manfaat lainnya. (uyang)