hit counter code


Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (1)

Kesehatan, | Thu 04/2015 13:29:41
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Melly Feyadin

Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (1)

Saat pertama kali kaki saya melangkah di ruang lobby RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang berada di Parung, Bogor ini, saya tak merasakan ketakutan atau 'dingin'nya sebuah rumah sakit. Justru sebaliknya... Memasuki area Rumah Sakit ini, saya merasakan adanya kenyamanan dan kedamaian serta kehangatan yang melingkupi hati. Seperti memasuki sebuah rumah biasa, bukan rumah sakit yang dindingnya penuh ketegangan dan kecemasan orang-orang didalamnya. Para pegawainya ramah-ramah, selalu tersenyum jika kita berpapasan, tidak ada tuh wajah-wajah angkuh atau wajah-wajah kelelahan dari mereka. Mungkin, karena rumah sehat ini dibuat dengan cinta kasih oleh tangan-tangan mereka yang begitu dermawan, menyisihkan rezekinya untuk saling membantu, meringankan beban sesama. Insya Allah.
 
Sabtu (21 Maret 2015) kemarin, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengunjungi Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST-DD) bersama dengan teman-teman CJI (Citijen Journalism Indonesia), melihat langsung bagaimana kondisi Rumah Sakit ini, yang dengan tulus membantu warga yang kurang mampu untuk berobat. Bertempat di Aula Theater Zikir, Mbak Fahira Fia selaku Humas RST, memberi kami informasi tentang Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Foto Bersama cr: @RST_DD

Kenapa disebut Rumah Sehat? Mengutip dari keterangan di website rumahssehatterpadu.or.id. RST-DD ini adalah model rumah penyembuhan bagi kaum dhuafa, yang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis namun dengan pelayanan yang baik dan fasilitasnya yang lengkap. Harapannya, adanya RST-DD ini mampu memberikan solusi bagi kaum dhuafa yang mungkin selama ini sulit untuk mendapatkan akses kesehatan. Karena selama ini kita sering mendengar banyak keluhan warga kurang mampu, betapa sulitnya mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik, hal ini terkendala karena biaya rumah sakit yang mahal, tenaga medis yang ogah-ogahan menolong (yang mungkin pilih kasih). Mungkin seperti sebuah lelucon, "ada uang ada barang"-"Orang miskin dilarang sakit".

 
Dulunya pada tahun  2001, Dompet Dhuafa sendiri telah mendirikan Balai Pengobatan bagi kaum Dhuafa, yang memberikan akses layanan kesehatan. Balai Pengobatan ini dinamakan Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa (LKC-Dompet Dhuafa). Namun dengan berkembangnya waktu, layanan ini terasa kurang memadai  lagi dalam melayani pasien-pasien yang membutuhkan rujukan ke Rumah Sakit. Dari situ Dompet Dhuafa melalui Yayasan Rumah Sehat Terpadu mendirikan rumah sakit ini.

Ruang Rawat Bayi
 
Visi Rumah Sakit RST-DD ini adalah menjadi model rujukan rumah sakit yang profesional dalam melayani pasien, dengan memberikan pelayanan kesehatan bernuansa Islami kepada pasien kaum dhuafa. MISI RST-DDnya sendiri yaitu, mengembangkan pelayanan kesehatan terpadu berstandar nasional & international, mengembangkan etos kerja unggul, meningkatkan kualitas dan profesionalitas, mengembangkan kemitraan dengan institusi terkait di tingkat nasional & international, serta menggalang kepedulian publik untuk membantu kesehatan dhuafa.
 
Apakah benar, Rumah Sakit ini memberikan layanan yang baik dan gratis bagi pasiennya?
Jawabannya, iya... namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku, agar pasien-pasien ini mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan selama pengobatan, syaratnya gampang kok, nggak ribet. Karena Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa sendiri menjunjung tinggi 3 nilai kemanusian dalam mendirikan rumah sakit ini, profesional, amanah dan ibadah. Dari melihat 3 nilai ini saja, Insya Allah..apa yang dibangun Dompet Dhuafa bermanfat bagi semua.


 
Taman buat berjemur bagi pasien yang asri banget
 
bersambung ...


 
Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.
 
Jln. Raya Parung Km 42, 
Desa Jampang, Kec. Kemang. 
Kab. Bogor
Phone : 0251-861 8651
Fax : 0251-861 0876
Web: www.rumahsehatterpadu.or.id
FB : www.facebook.com/rumahsehat.terpadu
Twitter : @RST_DD
 
Untuk membantu, donasi bisa disalurkan ke:
BCA No. 237.304.5454 A.n Yayasan Dompet Dhuafa
BNI Syariah No. 0298535912 A.n Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa
 
Tulisan ini sudah melalui proses editing tanpa menghilangkan substansinya, disadur dari: http://www.melfeyadin.web.id