hit counter code


Cek Kesiapan Kurban, Puluhan Blogger dan Jurnalis Sambangi Peternakan Dompet Dhuafa

Kurban, | Mon 08/2018 12:48:20
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUBANG -- Dalam rangka menyambut datangnya Idul Adha yang hanya tinggal menungggu hari, Dompet Dhuafa mengajak blogger dan media menyambangi desa peternakan. Bertempat di Kawasan Kebun Indonesia Berdaya, Desa Cirangkong, Cijambe, Subang, Jawa Barat, puluhan blogger dan media antusias mengikuti jalanya kegiatan.

Bertajuk ‘Sosiotrip Kubanesia 2018’, para blogger juga media diajak untuk merasakan langsung, manfaat dari pemberdayaan yang selama ini digaungkan oleh Donmpet Dhuafa. Salah satunya di Sentra Peternakan Desa Cirangkong. Di lahan seluas 10 hektar yang ditanami berbagai buah tersebut, para blogger dan media ikut langsung berinteraksi dengan para mitra Dompet Dhuafa yang mengelola kawasan pertanian dan peternakan tersebut. Bahkan juga ikut memberikan pakan langsung pada ratusan ternak kambing.

“Alhamdulillah ya, menjadi pengalaman luar biasa bagi saya, dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat di sini. Banyak ilmu yang bisa saya dapat dari perjalanan hari ini,” terang Evi Sri Rejeki, salah satu peserta blogger asal Bandung.

Selain mengunjungi kebun dan peternakan, para peserta juga diberikan edukasi mengenai quality control yang diterapkan Dompet Dhuafa dalam menjaga kualitas hewan kurbanya. Mulai melihat kandang sampai pemberian pakan yang menerapkan metode reuse, yaitu memanfaatkan limbah pertanian yang tidak terpakai, seperti pengolahan limbah kulit buah nanas sebagai pakan kambing.

“Melihat secara langsung, dari mulai kandang kambing yang tertata rapi, kebersihanya pun terjaga, dan pakan ternak memadai. Saya sih percaya banget kalau kambing (hasil ternak Dompet Dhuafa) layak untuk dijadikan hewan kurban,” terang Siti Mudrikah, blogger asal Jakarta. (Dompet Dhuafa/Zul)