hit counter code


Saling Mengenal Budaya Di International Culture Exchange Camp

Kesehatan, | Tue 03/2015 11:04:00
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Bangkok – Tiga belas siswa-siswi telah sampai di Negeri Gajah Putih untuk mengikuti acara International Culture Exchange Camp di Bangkok, Thailand. SMP Al Syukro Universal menjadi salah satu peserta acara International Culture Exchange Camp sebagai perwakilan Indonesia. Ketiga belas siswa – siswi tersebut bertolak ke Thailand dengan pimpinan rombongan oleh Dr. Supangat Rohani, MA dan didampingi Viona Rosalina, S. Pd.

Acara yang diselenggarakan Udomsuksa School tersebut, diikuti oleh sekolah – sekolah perwakilan dari 5 negara Asia yang diantaranya adalah Thailand, Indonesia, Sri Langka, Korea dan Jepang. Sekitar 157 siswa-siswi dari 5 negara dengan beraam latar belakan budaya tersebut mulai berkumpul dari tanggal 12 – 18 Maret 2015.

Untuk memperkenalkan budaya Thailand kepada peserta, mereka diajak untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lain di Thailand. Peserta mengunjungi tempat wisata di berbagai daerah di negara tersebut. Patung ganesha, the venezia, mini zoo, 3D art gallery golden mountain temple, belanja di Ayutthaya floating market sebuah pasar tradisional yang berada di sungai, dan rafting di Sida resort menjadi menu kunjungan peserta International Culture Exchange Camp.

Selain itu, peserta juga belajar tentang Thai life style and Culture mulai dari makanan hinggga minuman khas dan souvenir. Olahraga khas Negeri Gajah Putih, Thai Boxing dan dasar bahasa Thailand juga menjadi pengalaman serta pengetahuan baru para peserta dari negara – negara di luar Thailand.

Kebersamaan antar peserta dari berbagai negara selama sepekan tersebut, menjadi ajang para peserta saling berkenalan. Cerita tentang budaya dan negara masing-masing adalah ajang untuk saling bertukar khasanah keberagaman dari negara peserta. Acara performance semakin semarak karena setiap siswa menampilkan performance khas dari negara masing-masing. Tari Saman, sebuah tarian dari Nanggro Aceh Darussalam menjadi salah satu performance dari SMP Al Syukro Universal. Semoga kebersamaan ini dapat menjadi salah satu media penghubung keeratan silaturahmi antar negara. (Al Syukro Universal)