hit counter code


Inilah Kedaulatan Pangan Indonesia Sekarang

Ekonomi, | Tue 10/2018 11:01:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Ketahanan dan kedaulatan pangan menjadi isue yang cukup penting terhadap dunia yang semakin berkembang saat ini. Pertumbuhan populasi global, berkembangnya industrialisasi, lahan yang semakin menyempit, dan juga berbagai faktor kebijakan pemerintah di suatu negara sangat mempengaruhi adanya ketahanan dan kedaulatan pangan suatu bangsa.

Berlimpahnya sumber daya alam di Indonesia (baik di laut ataupun darat) tidak selalu berdampak pada ketahanan dan kedaulatan pangan, jika tidak diiringi oleh strategi, inovasi teknologi, dan produktifitas di bidang pertanian, peternakan, ataupun hasil pangan di laut.

Berikut ini adalah infografis yang kami hadirkan mengenai kondisi kedaulatan pangan Indonesia hingga saat ini. Data-data dalam infografis berikut mencakup jumlah warga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan, gini rasio lahan, rata-rata lahan yang dikuasi petani, hingga kepemilikan lahan di Jawa Tengah.

 

INFOGRAFIS PANGAN

Mencapai kedaulatan dan ketahanan pangan di Indonesia, bahkan di dunia ini, bukan saja tugas salah satu pihak atau tugas pemerintah. Sebagai warga Indonesia, warga dunia, maka sudah semestinya kita ikut mendukung tujuan tersebut.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lemabaga filantropis islam yang mengedepankan pemberdayaan dhuafa di berbagai sektor, tentunya turut mendukung sektor pangan lewat pertanian dan kelautan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya kaum dhuafa. Dengan mengangkat kekuatan dan kekhasan lokal, maka program-program tersebut pun dikelola bersama masyarakat. Beberapa diantaranya seperti yang ditampilkan dalam infografis, yaitu melalui program: Tebar Hewan Kurban, Sentra Ternak, Budidaya Ikan Bobara, Budidaya Kerang Hijau, dsb.

Selamat mempertahankan kedaulatan pangan dan mengembangkan ketahanan pangan kita di Indonesia, bahkan dunia!

Dibuat dalam Rangka Hari Pangan Sedunia – 16 Oktober 2018