hit counter code


Jambore Anak Indonesia 2018, Tanamkan Jiwa Kepedulian Kepada Anak Yatim Dhuafa

Sosial, | Fri 11/2018 18:53:42
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Anak yatim termasuk bahasan istimewa dalam Islam. Banyak literasi baik di Al-Quran atau Hadist menjelaskan keutamaan memperhatikan anak yatim. Setidaknya ada 21 ayat Al-Quran yang membahas mengenai keutamaan anak yatim. Bukan hanya anjuran agama, memperhatikan anak yatim juga merupakan tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh setiap orang.

Seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) yang baru saja menyelenggarakan Jambore Anak Indonesia (JAI) 2018. Bertempat di New Panjang Jiwo Resort Bogor, sebanyak 201 anak yatim dhuafa mengikuti rangkaian acara selama dua hari. Berbagai kegiatan edukatif diselenggarakan untuk membangun karakter baik pada anak-anak yatim tersebut. Para peserta pun tampak antusias dengan kegiatan tersebut, terlebih kegiatan dilakukan di tempat yang nyaman dan baik.

“Kita ingin memberikan pengalaman berbeda dalam acara sosial bersama yatim yang dhuafa. Memberikan pengalaman nikmatnya tidur, makan dan menikmati fasilitas hotel berbintang,” terang Fajar Firmansyah, selaku korrdinator kegiatan tersebut.

Berlangsung dua hari dari tanggal 3-4 November 2018, JAI tahun ini merupakan kali ke-5 setelah pertama kali diselenggarakan pada 2014 lalu. Dengan mengangkat tema ‘PEDULI’ para peserta didorong untuk bisa mendapatkan nilai kepedulian setelah mengikuti acara tersebut.

“Sepanjang 2 hari 1 malam, anak-anak ini diberikan beragam kegiatan menarik untuk menanamkan karakter baik. Tahun ini karakter baik yang di tanamkan adalah ‘Peduli’, harapannya adik-adik lebih peka dan peduli terhadap dirinya, orang lain, dan lingkungan sekitar,” tambah Fajar. (Dompet Dhuafa/Zul)