hit counter code


Amazing Muslimah, Bebaskan Indonesia Timur dari Buta Huruf Al-Quran

Dakwah, | Mon 11/2018 17:47:10
Dompet Dhuafa Post Image
Share

ALOR, NTT -- Gerakan membebaskan muslimah dari buta huruf Al-Qur’an melalui program Amazing Muslimah telah mencapai 10.000 penerima manfaat yang tersebar di seluruh Nusantara. Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) bersama Peggy Melati Sukma, menggelar safari dakwah ke salah satu wilayah intervensi gerakan tersebut, Alor Nusa Tenggara Timur, yang berlangsung selama tiga hari, sejak September lalu.

“Safari dakwah ini untuk memberikan motivasi dan muhasabah Islami kepada peserta Amazing Muslimah Alor, agar tetap istiqamah dalam mempelajari Al-Qur’an,” kata Imam Alfaruq, selaku Koordinator Cordofa dan Triner Forum Halaqah Quran (FHQ).

Amazing Muslimah diinisiasi oleh sosok figur publik Indonesia yang saat ini dikenal sebagai inspirator muslimah dan inspirator hijrah, Peggy Melati Sukma, yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa. Saat memberikan motivasi, ia berkisah mengenai awal membentuk Amazing Muslimah.

“Bertahun-tahun saya terlena dengan dunia. Sekian lama itu pula saya jauh dengan Al-Qur’an. Ketika memutuskan untuk berhijrah, saya harus berjuang keras untuk belajar kembali tentang ayat-ayat Allah. Lalu saya membuat gerakan Amazing Muslimah agar banyak orang yang sama-sama belajar mendekatkan diri pada Al-Qur’an. Semua itu karena Allah,” tutur Peggy Melati Sukma, penuh penghayatan.

Imam Alfaruq menambahkan, peradaban bangsa itu bermula dari rahim-rahim seorang muslimah. Peran muslimah sebagai madrasah pertama bagi generasi penerus bangsa dan agama sudah sepatutnya memuliakan diri dengan kalam-kalam langit untuk memiliki keturunan yang saleh.

Dua ratus muslimah yang hadir dari sejumlah dusun di Alor, dan memenuhi ruangan turut antusias memerhatikan pemaparan para pemateri. Salah satu peserta bertanya terbata-bata dengan penuh isak mengenai totalitas berhijrah dan menjalankan syari’at.

“Saya sebagai anak muda di sini, ingin meminta motivasi untuk istiqamah menggunakan jilbab. Juga seluruh ibu-ibu dan adek-adek di ruangan ini agar senantiasa tetap menjaga diri dengan syari’at dan Quran,” ujarnya.

Saat ini telah terbentuk 12 Forum Halaqah Quran (FHQ) di Alor, dengan jumlah lebih dari 100 muslimah. Sementara itu, pada sesi akhir pelaksanaan Amazing Muslimah, Imam Alfaruq, menggelar kembali Dauroh Muwajjih (pelatihan untuk pengajar Al-Qur’an) yang diikuti oleh 25 peserta.

“Peserta Dauroh Muwajjih merupakan warga dari berbagai dusun di sini (Alor) yang mendapatkan pelatihan langsung dari Ustadz Imam Alfaruq. Kami berharap mereka akan membentuk FHQ di tempatnya masing-masing. Terutama daerah-daerah yang belum ada FHQ,” ungkap Abdul Rahman Saleh, Cordofa Alor. (Dompet Dhuafa/Cordofa)