hit counter code


Hadirnya Bale Aman Anak Merekahkan Senyuman Anak-anak Lombok

Kebencanaan, | Tue 11/2018 14:33:39
Dompet Dhuafa Post Image
Share

LOMBOK UTARA, NUSA TENGGARA BARAT -- Meski belum pulih 100%, perlahan anak-anak Lombok Utara, mulai tersenyum. Setalah lebih dari sebulan, bersama keluarga mereka mulai menempati rumah sementara, kini mereka kembali mendapatkan berkah. Hal tersebut tentu merekahkan senyum anak-anak di Dusun Gol, Desa Medana, Tanjung, Lombok Utara, pada Selasa (13/11/2018) pagi.

Merekahnya senyum anak-anak Dusun Gol, terlontar lantaran berkah dari hadirnya Bale Aman Anak, sebagai sarana kegiatan masyarakat di dusun tersebut. Hadirnya Bale Aman Anak, menjadi sarana penunjang untuk kegiatan belajar dan bermain, bagi anak-anak terdampak gempabumi beberapa waktu lalu. Adanya bangunan tersebut merupakan rangkaian dari program recovery kebencanaan Dompet Dhuafa untuk Lombok.

"Alhamdulillah, kami selaku warga Dusun Gol, sangat senang dengan berdirinya Bale Aman Anak. Setelah dusun kami rata dengan tanah pasca diguncang gempa, kini kami kembali memiliki sarana untuk beraktivitas dan berinteraksi antar warga. Terkhusus bangun tersebut ramah dan aman terhadap anak-anak," ungkap Hayadi, selaku Kepala Dusun Gol, dengan rona bahagia.

Menyampaikan amanah donatur dengan membangun Bale Aman Anak, Dompet Dhuafa mengusung konsep bangunan bernuansa kearifan lokal. Bergaya rumah panggung dengan konstruksi kayu yang kuat dan dinding anyaman bambu, serta atap baja ringan, tentu menjadikan bale tersebut selain ramah anak juga tahan gempa. Sehingga masyarakat terhindar dari kekhawatiran saat berkegiatan di Bale Aman Anak.

"Sengaja kami buat dengan nuansa dari kearifan lokal di sana. Selain itu juga tahan gempa dengan susunan material yang tidak membahayakan. Sehingga anak-anak aman berkegiatan di sana, masyarakat juga terhindar dari kekhawatiran saat gempa mengguncang. Terima kasih para donatur yang terus mendukung pemulihan di Lombok," jelas Imam Rulyawan, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)