hit counter code


Asa Fadjar Mulya, Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Mon 04/2015 14:35:09
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Fadjar Mulya, demikian nama lengkap salah satu penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa ini. Pemuda kelahiran Jambi 6 September 1993, dari keluarga kecil sederhana berdarah Minangkabau. Sejak kecil, Fadjar, demikian sapaan akrabnya sehari-hari ini dikenal sebagai sosok pemuda yang cerdas dan periang.

Semasa bersekolah, Fadjar juga dikenal aktif dalam berbagai organisasi, di antaranya sebagai Kepala bidang di OSIS SMAN2 Batusangkar, Jambi, Wakil Ketua MPK dan Pengurus Pramuka Bhayangkara Kabupaten Tanah Datar.

Tidak hanya aktif dalam berbagai organisasi di sekolahnya, Fadjar pun seringkali meraih prestasi dalam berbagai perlombaan. Ia pernah meraih Juara 1 Kompetisi Kimia SMA se provinsi Sumatera Barat. Pemuda yang murah senyum ini, juga pernah menjadi delegasi Tanah Datar dalam Kunjungan Pendidikan ke Malaysia dan Singapura oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar.

Kini, Fadjar melanjutkan Studi di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2011 hingga sekarang, aktif dalam organisasi kampus di antaranya pengurus di Forum Komunikasi Mahasiswa Minang (FORKOMMI UGM), Kepala Departemen Humas dan Informasi LSiS FMIPA UGM 2013, Ketua BEM KM FMIPA UGM 2014, dan Presiden ASEAN Students organization of Science and Technology Network (ASOSTyN) 2015 yang merupakan asosiasi organisasi mahasiswa sains-teknologi se-ASEAN baik student union maupun science club.

Selain itu, pemuda yang memiliki hobi membaca ini juga pernah menjadi delegasi dalam beberapa pertemuan ASOSTyN pada tahun 2013 diantaranya di Malaysia, Singapore dan Thailand. Pada awal tahun 2015 semasa menjabat sebagai presiden ASOSTyN mempresentasikan kepengurusan ASOSTyN ke beberapa universitas di malaysia, singapore dan thailand.

Semasa menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM FMIPA UGM aktif mengawal proses Pemilu 2014 dan Presiden RI terpilih, ikut menginisasi buku cinta gadjah mada untuk indonesia sebagai tawaran kepada pemerintahan baru, menginisiasi konferensi mahasiswa sains-teknologi se-ASEAN dalam ICASTS 2014 di Yogyakarta, ikut serta dalam mengawal relokasi PKL di UGM, serta mensinergiskan HM/KM/UKM se FMIPA UGM. (uyang)