hit counter code


Safari Pengurusan Jenazah Di Sumatera Utara

Dakwah, | Mon 11/2018 19:28:12
Dompet Dhuafa Post Image
Share

MEDAN -- Para amil dan relawan Dompet Dhuafa Waspada di Medan, Sumatera Utara, terlihat antusias memperhatikan lembar kain putih yang membalut tubuh peraga saat pelatihan pemulasaraan jenazah berlangsung. Pelatihan yang diselenggarakan di Gedung Dompet Dhuafa Waspada tersebut, diikuti oleh 15 orang.

Materi disampaikan langsung oleh Koordinator Badan Pemulasaraan Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa, Ustadz Madroi. Dari tata cara memandikan hingga menshalati jenazah, semua dapat dipelajari oleh peserta. Simulasi mengkafani jenazah secara menyeluruh, semakin memperkuat materi yang disampaikan.

Ustadz Madroi mengungkapkan, pengurusan jenazah terkadang berbeda di tiap wilayah. Hal tersebut terjadi karena masyarakat kerap mengikuti tradisi secara turun-temurun, tanpa mempelajari dan memahaminya. Tapi, sebenarnya tidak jadi persoalan jika masih sesuai dengan syariat.

Ia pun menambahkan bahwa pelatihan bilal mayit merupakan ilmu yang kurang mendapatkan perhatian khusus. Padahal memiliki tingkatan hukum sebagai fardu kifayah.

“Di tengah masyarakat, pengurusan jenazah biasanya dilakukan oleh orang tua, dan selalu mengandalkan orang yang sama. Maka perlu diadakan pelatihan seperti ini, tujuannya untuk membentuk kader muda yang bisa menangani jenazah,” jelasnya.

Senada dengan Ustadz Madroi, Halimah, selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan pengalaman baru bagi amil dan relawan.

“Pelatihan yang langka dan sangat dibutuhkan tersebut, baru kali pertama didapat oleh amil dan volunteer Dompet Dhuafa Waspada. Tentu banyak hal bermanfaat yang diperoleh guna bekal hidup di tengah masyarakat,” tutur Halimah.

Dalam rangka tindak lanjut program pelatihan, Barzah terbuka untuk membangun kerjasama pengembangan layanan jenazah bersama Dompet Dhuafa Waspada.

“Di kota besar seperti Medan, sangat dibutuhkan tenaga-tenaga muda yang siap terjun sebagai pengelola layanan jenazah,” ucap Ustadz Madroi.

Setelah selesai memberikan pelatihan pemulasaraan di Dompet Dhuafa Waspada, Ustadz Madroi pun akan melanjutkan safari dakwahnya ke Tanah Karo, Sumatera Utara. Tentunya untuk memberi pelatihan serupa di enam Masjid. Agenda tersebut akan dilaksanakan hingga Jum’at mendatang. (Dompet Dhuafa/Rachmat LPM)