hit counter code


RSUD Pasar Minggu Jalin Kerjasama BRP dengan Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Wed 11/2018 20:29:29
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, baru-baru ini sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Dompet Dhuafa, dalam program Bimbingan Rohani Pasien (BRP). Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh dr. Yudi Amiarno, selaku Direktur RSUD Pasar Minggu, dan Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa, pada Senin (26/11/2018), di ruang direktur RSUD Pasar Minggu.

Ahmad Shonhaji menuturkan, kegiatan tersebut sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien melalui pendekatan rohani. Bertujuan memberikan ketenangan dan kesejukan hati melalui dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, bertawakal, dan senantiasa menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah.

“Kami menyebut relawan BRP Dompet Dhuafa itu sahabat pasien. Dimana mereka benar-benar menjadi sahabat yang mendengarkan dan memotivasi pasien,” tutur Ahmad Shonhaji.

Menurutnya, bimbingan tersebut merupakan bagian integral dari bentuk pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio –psycho –socio –spiritual. Dalam tindak lanjut kegiatan Bimbingan Rohani Pasien, program tersebut juga akan menyediakan layanan home care bagi pasien berkebutuhan khusus. 

“Lalu berikutnya sebagai penindaklanjutan action tersebut, kami melakukan home care pada kasus tertentu. Bukan pada kasus medis, tapi bisa kasus sosial atau kasus spiritual,” imbuh Ahmad Shonhaji.

Sementara itu, dr. Yudi Amiarno mengungkapkan, saat ini pembinaan kerohanian untuk pasien di rumah sakit menjadi tuntutan akreditasi.

“Rumah sakit tidak hanya memberikan layanan medis, tapi perlu memberikan layanan seperti Spiritual. Sebagaimana mental pasien ketika sakit perlu mendapatkan bimbingan dan sugesti baik. Hal tersebut juga telah menjadi tuntutan akreditasi, dan kami menyambut baik kerja sama ini,” ungkap dr. Yudi Amiarno, di sela-sela penandatangan nota kesepakatan.

Menurut Milad Raushan Fikri, selaku Kepala Satuan Pelaksana SDM RSUD Pasar Minggu menyampaikan, bimbingan tersebut akan berlangsung setiap pekan, secara berkala, untuk pasien yang telah mendapatkan rekomendasi dari perawat.

“Pelayanan tersebut untuk pasien atas persetujuan keluarga yang mengajukan diri untuk mendapatkan bimbingan kerohanian. Kemudian juga bagi pasien yang direkomendasikan oleh perawat. Bimbingan akan dilaksanakan sekurangnya dua kali dalam sepekan,” jelas Milad.

Bimbingan Rohani Pasien Dompet Dhuafa sendiri telah terlaksana sejak 2003 dengan bermitra bersama sejumlah Rumah Sakit, di antaranya RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSCM, RSU Kab. Tangerang, RSU Balaraja Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, RSUD Pasar Minggu dan masih banyak lagi. (Dompet Dhuafa/Rachmat/LPM)