hit counter code


Pasca Tsunami, Dompet Dhuafa Gulirkan Aksi Layanan Medis Di Lampung

Kebencanaan, | Thu 12/2018 18:57:18
Dompet Dhuafa Post Image
Share

RAJABASA, LAMPUNG SELATAN -- Berjarak dua rumah dari tempat tinggalnya, Samsudin (55) didampingi sang istri, Serkama (42), menghampiri Pos Medis Dompet Dhuafa di Jalan Pesisir Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya memeriksakan katarak pada mata saya, kalau kaki memang ada pengapuran. Ada Dompet Dhuafa di Desa kami, alhamdulillah terbantukan sekali, tidak perlu jauh-jauh periksa kesehatan,” ungkap Samsudin.

Siang itu, Rabu (26/12/2018), Samsudin dengan keadaan tertatih bermaksud memeriksa kondisi kesehatannya pasca peristiwa Tsunami menghantam pesisir Selat Sunda, salah satunya di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, pada Sabtu (22/12/2018) malam.

“Malam terjadinya tsunami, saya dan istri berada di rumah sedang istirahat saja menonton televisi. Tiba-tiba jelas kaget, listrik mati dan air sudah masuk ke dalam rumah, tingginya hingga separuh badan,” tambah Samsudin.

Istrinya juga mengatakan bahwa cukup kesulitan mengevakuasi diri dengan kondisi Samsudin yang sulit berjalan. “Alhamdulillah rumah kami tidak rusak, jadi kami selamat dan ditolong warga lain. Padahal rumah depan dan sekitar kami hancur. Tinggal puing-puing saja,” jelas Serkama.

Tim Medis Dompet Dhuafa, Dr. Haswan, yang bertugas dalam misi kemanusiaan tersebut, melayani Samsudin juga para penyintas lain di desa tersebut. Ia mengatakan, di tengah kondisi pasca bencana seperti ini, tetap berupaya hadir dalam bantuan kesehatan berupa Aksi Layanan Medis (ALM), juga mobilisasinya yaitu satu unit Ambulance.

“Lokasi puskesmas, klinik, ataupun rumah sakit, dari Desa Way Muli cukup jauh. Bahkan juga terkena imbas tsunami. Di sini kami dapatkan ratusan pasien, beberapa terdapat luka sobek pada fisik akibat tsunami. Namun alhamdulillah, umumnya mereka dalam kondisi baik,” terang Dr. Haswan.

Selain bantuan medis, Dompet Dhuafa, dalam misi respon kemanusiaan bencana Tsunami Selat Sunda, juga menggulirkan sejumlah bantuan berupa logistik. Bahkan evakuasi warga Pulau Sebesi juga mendapatkan layanan tersebut.

“Di lapangan, kami juga baru saja kedatangan tim medis tambahan dari Dompet Dhuafa regional Sumatera. Maka layanan medis kami perluas, ALM di Pos Medis dan melakukan mobilisasi Home Visit,” tutup Dr. Haswan. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)