hit counter code


Menjawab Tantangan Kemanusiaan Dengan Membuka Bengkel Keliling Gratis Di Lokasi Bencana

Kebencanaan, | Sun 12/2018 19:18:11
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUMUR -- Ada yang berbeda di Kampung Kopi, Sumur. Pasalnya kali ini PT Mandiri Insan Berdaya bersama Institut Kemandirian Dompet Dhuafa membuka Bengkel Keliling yang mulai beroperasi sejak 29 Desember 2018. Kegiatan tersebut lebih berfokus pada revitalisasi perangkat-perangkat manusia yakni kendaraan motor dan handphone. Pelayanan tersebut diberikan kepada warga sekitar area terdampak atau siapa pun yang berniat untuk melakukan cek terhadap kendaran maupun perangkat komunikasinya.

Kegiatan tersebut bukanlah tanpa sebab. Pasalnya bantuan yang diberikan Dompet Dhuafa memanglah besar dan banyak. Terutama di bagian logistik. Akan tetapi distribusi logistik saja tidaklah cukup. Dampak kerusakan tidak hanya berkutat soal kelaparan dan kesehatan. Tetapi juga tentang alat-alat pendukung manusia seperti otomotif dan teknologi.

“Bantuan yang diberikan Dompet Dhuafa sudah beragam, dari mulai bantuan logistik berupa sandang pangan, kebersihan dan juga trauma healing serta masih banyak lagi. Akan tetapi, hal-hal lain seperti motor dan handphone, serta hal serupa lainnya juga sama penting, mengingat mereka juga merupakan alat pendukung yang signifikan bagi manusia,” ujar Zainal Abidin atau yang biasa disapa Bang Jay, selaku Direktur Utama PT Mandiri Insan Berdaya.

Motor yang selesai diperbaiki pada kegiatan tersebut berjumlah enam unit dan motor yang belum diperbaiki berjumlah lima unit. Rata-rata kerusakan motor terbilang parah, dari mulai motor mati total yang dikarenakan terendam air, dan juga mesin dipenuhi oleh pasir.

“Alhamdulillah, antusias warga positif di hari pertama Bengkel Keliling ini dibuka. Total pengunjung kurang lebih 30. Namun hanya 11 pengunjung yang bisa dikelola, mengingat ini masih baru bergulir. Begitu juga sumber dayanya masih terbilang minim. Montirnya baru ada delapan orang,” lanjut Bang Jay.

Dengan bantuan warga setempat, menjadi langkah awal untuk mengembangkan kegiatan ini ke depannya. Supaya tidak hanya di Sumur saja yang bisa menggunakan layanan reparasi secara gratis.

“Ke depannya kita ingin membuat bengkel permanen melalui lokasi pertama Bengkel Keliling ini. Lalu juga menghidupkan kembali bengkel-bengkel di lokasi terdampak untuk beroperasi kembali,” tutup Bang Jay. (Dompet Dhuafa/Fajar)