hit counter code


Laznas Chevron Jakarta Gandeng Dompet Dhuafa Laksanakan Program Khitan Massal

Sosial, | Mon 12/2018 16:10:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BEKASI -- Sebanyak 23 anak usia sekolah dasar menghadiri kegiatan khitan massal hasil kolaborasi Dompet Dhuafa dengan Laznas Chevron Indonesia. Pada Sabtu (29/12/2018), bertempat di MTS Al Muhajirin, Desa Ciketi Kuning, Kecamatan Bantargebang, Bekasi, 23 anak tersebut melaksanakan kewajibanya dengan didampingi orang tua wali.

Khitan massal tersebut merupakan wujud ikhtiar dari Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa dalam usaha mensejahterakan masyarakat dhuafa. Mengingat desa Ciketi Kuning dihuni oleh mayoritas pemulung yang menggantungkan hidupnya dari memungut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang.

"Kami bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dalam banyak bidang, ada dua sektor besar yaitu konsumtif dan produktif. Jadi kita sebarkan dengan Dompet Dhuafa agar penerima manfaat bisa tepat sasaran, baik progam maupun tempat. Tim medis dompet dhuafa juga sangat profesional. Ini adalah ukhuwah ismaiyah, menguatkan umat dengan memberikan kelebihan harta untuk yang membutuhkan," terang Danies Syahrudin, selaku Direktur Laznas Chevron Cabang DKI Jakarta.

Dengan menggunakan metode Flash Cauter atau Electric Cauter memungkinkan proses khitan lebih aman dengan masa penyembuhan yang lebih cepat. Warga pun diberikan konsultasi pasca khitan apabila muncul keluhan pada anak setelah proses khitan.

"Hari ini kita menggunakan metode Flash Cauter, insyaa Allah hanya butuh 2-3 hari proses penyembuhan. Kita juga membuka konsultasi pasca sunat Senin nanti, untuk mengantisipasi keluhan anak setelah disunat," jelas Danan, selaku tenaga medis Dompet Dhuafa.

Kebanyakan peserta memang sebelumnya mengalami dilema. Karena anaknya sudah masuk usia khitan. Sayang, biaya khitan terbilang cukup mahal. Kegiatan sunat massal tersebut dinilai masyarakat sangat membantu mereka.

"Anak saya malah dari dulu sudah minta disunat. Mikir biaya juga, kalau di tempat sunat biayanya Rp. 600-800 ribu, Alhamdulillah di sini gratis, ada bingkisan juga," tukas Eneng, salah satu orang tua peserta sunat.

Dengan kegiatan sunat massal tersebut, diharapkan menjadi kerjasama yang berkelanjutan, dan menjadi berkah bagian semua pihak.

"Alhamdulillah, ini kegiatan yang kesekian kalinya hasil kerjasama Dompet Dhuafa dengan Laznas Chevron. Seperti biasanya setiap kami melakukan kerjasama, kami selalu mencoba agar dapat tepat sasaran. Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua," terang Manajer Fundraising Dompet Dhuafa, Sulistiqomah. (Dompet Dhuafa/Zul)