hit counter code


Longsor Timbun Sinarresmi, Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa Langsung Terjun

Kebencanaan, | Wed 01/2019 19:24:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUKABUMI -- Duka menyelimuti Jawa Barat, khususnya di kawasan Sinarresmi, Sukabumi. Pasalnya, pada Senin (31/12/2018) petang, tepatnya pukul 17.45 WIB, terdengar gemuruh keras yang membuat warga Desa Sinarresmi khawatir setelah dari subuh sudah diguyur hujan. Benar saja, satu kampung dengan populasi 113 jiwa harus sirna digulung tanah longsor. Longsor tersebut mengubur Kampung Cimapag, Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Dalam peristiwa tersebut, hingga Rabu (2/1/2019) sore, tercatat sebanyak 29 rumah tertimbun, 13 jiwa meninggal dunia, 21 jiwa belum ditemukan, 3 jiwa luka-luka, dan 63 Jiwa mengungsi.

Melihat kondisi tersebut, Dompet Dhuafa melalui tim Disaster Management Center (DMC), Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah), dan juga relawan serta aktivis dari Dompet Dhuafa Jawa Barat, langsung bergerak menuju lokasi kejadian, pada Selasa (1/1/2019) pagi. Selain menerjunkan personel, tim relawan dan aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa turut membawa logistik kebutuhan dasar untuk warga yang mengungsi, serta sejumlah perlengkapan untuk respon kebencanaan.

"Kami langsung menginstruksikan tim untuk bergerak. Baik tim dari sumberdaya di cabang maupun pusat, kami maksimalkan untuk merespon bencana tanah longsor di Cisolok. Mengingat di kawasan tersebut juga ada lokasi pemberdayaan Dompet Dhuafa di sektor pertanian. Semoga semua korban dapat ditemukan segera," ungkap drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Masuk hari kedua, pasca bencana longsor Sukabumi, tim evakuasi Dompet Dhuafa Disaster Management Center (DMC) terus berusaha untuk melanjutkan proses evakuasi Korban. Sulitna akses untuk transportasi, memaksa tim tanggap darurat Dompet Dhuafa yang sudah terjun, berjalan kaki menuju lokasi kejadian.

Untuk menguatkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana tanah longsor di Sukabumi, Anda dapat menyalurkan bantuan melalui https://kemanusiaan.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/, atau melalui transfer bank ke rekening: BCA 237.304.7171, BNI Syariah 340.350.666.5, dan Mandiri 101.000.647.5733 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)