hit counter code


Kolaborasi Tim Medis Dompet Dhuafa, Dinkes, dan Puskesmas Cisolok Bantu Relawan Longsor Sukabumi

Kebencanaan, | Thu 01/2019 17:59:30
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUKABUMI -- Masuk hari keempat bencana tanah longsor yang menimpa wilayah Desa Cimakpak, Kecamatan Sinarresmi, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kampung Garehong dengan populasi 101 jiwa terpaksa menyaksikan kejadian pilu dengan longsornya bukit bagian timur pemukiman penduduk. Akibat bencana tersebut, 13 orang dinyatakan meninggal dunia, dan 21 orang dinyatakan hilang. Para relawan dibantu warga sekitar tidak tinggal diam dengan ikut membantu mencari warga yang belum ditemukan.

Kondisi wilayah evakuasi yang masih penuh dengan reruntuhan tajam sangat beresiko dengan berbagai virus seperti tetanus. Belum lagi kondisi cuaca yang terus saja hujan, membuat para relawan dan warga mudah terserang penyakit.

Tim respon Dompet Dhuafa untuk longsor Sukabumi menerjunkan tim medis untuk mengantisipasi kesehatan relawan. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sukabumi dan Puskesmas setempat, tim medis Dompet Dhuafa beberapa kali harus merawat pasien relawan yang kebanyakan terkena paku atau serpihan benda tajam.

"Kebanyakan pelaku evakuasi terkena pecahan beling atau paku. Kita berikan penanganan emergency agar luka yang terjadi tidak menjadi fatal," terang Muhammad Faisal, selaku tenaga medis Dompet Dhuafa yang bertugas di Desa Cimakpak.

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya warga yang memaksa membantu evakuasi tanpa dilengkapi dengan alat pengaman diri (APD). Hal tersebut beresiko terkena virus dari jenazah atau terkena paku atau serpihan tajam reruntuhan.

"Bukan hanya relawan, anggota keluarga yang nekat ikut evakuasi tanpa alat pengaman diri, menjadi terkena pecahan beling dan kawat," tukas Faisal.

Dari intervensi tersebut, tim medis Dompet Dhuafa bersama Dinkes dan Puskesmas setempat berhasil melayani sembilan pasien. Dari sembilan orang masih didominasi oleh pasien dengan luka sobekan. Oleh tim medis diberikan penanganan jahit.

"Paling banyak adalah luka sobek, kemudian kita jahit," tutup Faisal.

Untuk menguatkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana tanah longsor di Sukabumi, Anda dapat menyalurkan bantuan melalui https://kemanusiaan.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/, atau melalui transfer bank ke rekening: BCA 237.304.7171, BNI Syariah 340.350.666.5, dan Mandiri 101.000.647.5733 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. (Dompet Dhuafa/Zul)