hit counter code


Wujudkan Masyarakat Sehat melalui Aksi Layanan Sehat Dompet

Kesehatan, | Wed 04/2015 16:25:02
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Pagi masih cerah, udara segar terasa menusuk di rongga hidung ketika menghirupnya. Langkah kaki terdengar tak beraturan menuju sudut kecil ruangan dilengkapi dengan meja dan bangku berwarna hijau. Nampak terlihat tumpukan kardus alat-alat medis sudah berjejer di meja tersebut. Tak begitu lama pun muncul wanita berparas cantik dengan kostum putihnya.

Dia salah seorang dokter dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang kebetulan bertugas sebagai relawan aksi layanan sehat dari Dompet Dhuafa. Seketika sudut kecil itupun dipenuhi antrian orang-orang yang ingin ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini memang rutin dilakukan oleh LKC disetiap event-event yang dihadirinya.

Sudah 13 tahun lamanya LKC Dompet Dhuafa melayani masyarakat dhuafa, aksi layanan sehat ini pun menjadi salah satu program unggulan yang rutin dilakukannya. Program ini sering dilakukan dalam event-event gabungan ataupun event yang sengaja dibuat sendiri dari LKC. Adapun kegiatannya biasanya meliputi cek kesehatan gratis mulai dari gula darah, kolesterol, maupun pengecekan medis yang lainnya. Selain pemeriksaan juga dilakukan pengobatannya dengan penyediaan obat gratis.

Tahun 2014 ini, aksi layanan sehat sudah bergeser ke arah preventif dan promotif. Hal ini diharapkan membawa perubahan dalam paradigm kesehatan di masyarakat, bahwa harus sakit dahulu untuk pergi ke tempat-tempat layanan medis.

Padahal kita semua bisa masuk ke dalam proses pencegahan dengan mengecek secara rutin kesehatan tubuh, sehingga bisa lebih awal mendeteksi jika ada tanda-tanda ingin sakit. Secara cost benefit pun pencegahan atau yang lebih dikenal di bidang kesehatan dengan istilah preventif dan promotif ini lebih rendah dibanding proses pengobatan setelah sakit.

LKC berharap dengan konsep ini, maka akan semakin berkurang orang yang sakit di Indonesia khususnya masyarakat dhuafa. Mewijudkan harapan sehat untuk semua pun menjadi nyata jika seluruh elemen ikut berpartisipasi dalam konsep ini. Bahwa sehat itu sederhana, bilamana semua lebih memahami bagaimana merawat tubuh dan melakukan pencegahan dari sakit. (riandy)

 

Editor: Uyang