hit counter code


Memasuki hari keempat, tim evakuasi lengkapi personil dengan Alat Pelindung Diri

Kebencanaan, | Thu 01/2019 18:10:38
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUKABUMI -- Masuk hari keempat, pasca bencana longsor Sukabumi, tim evakuasi dari Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa terus berusaha untuk melanjutkan proses evakuasi Korban. Mengingat data korban per tanggal 2 Januari pukul 11.00 WIB, tercatat 13 korban meninggal, dan 21 orang masih dalam status hilang. Tim tanggap darurat Dompet Dhuafa yang sudah terjun sejak bencana terjadi, masih melanjutkan proses evakuasi, mencoba menemukan korban yang masih hilang.

"Hari ini kami menerjunkan beberapa tim yang diantaranya ada tim evakuasi yang terdiri dari enam personil," terang Resda Jaya Pangestu, selaku ketua koordinasi Pos Respon Longsor Sukabumi.

Karena sudah masuk hari keempat, jenazah sudah tertimbun tanah terlalu lama. Sehingga lebih beresiko infeksi virus ke relawan. Oleh karena itu, di hari keempat tersebut tim lebih menekankan dalam pengaplikasian Alat Pelindung Diri (APK). Alat-alat pengaman seperti sarung tangan khusus, masker, helm pengaman, dan sepatu boot. Penerapan APK tersebut diperketat mengingat tingginya resiko di lapangan.

"Kami terapkan lebih ketat. Jenazah yang sudah tertimbun berhari-hari berpotensi menyebarkan virus. Terlebih kami juga tidak tahu riwayat kesehatan sebelumnya, apakah memiliki riwayat penyakit menular atau tidak," tambah Resda.

Bukan hanya sampai di penggunaan APK, tim juga menerapkan kebersihan tim dengan tetap steril pasca mengevakuasi.

"Tim disediakan cleaning kit, seperti cuci tangan pasca evakuasi. Hal tersebut agar menghindari penularan virus dan bakteri," tukas Resda lebih lanjut.

Pencarian hari sebelumnya, tim bersama dengan TNI berhasil mengevakuasi 3 korban. Pencarian hari keempatnya masih fokus menemukan 21 korban yang masih berstatus hilang.

Untuk menguatkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana tanah longsor di Sukabumi, Anda dapat menyalurkan bantuan melalui https://kemanusiaan.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/, atau melalui transfer bank ke rekening: BCA 237.304.7171, BNI Syariah 340.350.666.5, dan Mandiri 101.000.647.5733 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. (Dompet Dhuafa/Zul)