hit counter code


Melewati Perjalanan Panjang: Bantuan Kopernik Sampai di Pos Dompet Dhuafa Sumur

Kebencanaan, | Fri 01/2019 15:22:27
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SUMUR -- Pos Dompet Dhuafa di Sumur menerima bantuan yang langsung dikirimkan dari Jakarta. Bantuan tersebut berasal dari sebuah lembaga bernama Kopernik. Biasanya setiap bantuan akan transit di Pos Carita sebagai pos logistik. Semua lantaran medan jalur ke Pos Carita jauh lebih baik ketimbang harus ke Pos Tanjung Lesung dan Pos Sumur. Akan tetapi bantuan tersebut langung digerakan ke Pos Sumur lantaran kebutuhan yang mendesak untuk para pengungsi di sana.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan mandi dan pembersih. Bantuan tersebut terdiri dari: ember 12 lt (400 pcs); water purifier (400 pcs); detergen 800 gr-100 Box (1X12 = 1200 pcs); pasta gigi 190gr-25 box (1X48 = 1200 pcs); sikat gigi-34 box (1X72 = 2448 pcs); sabun mandi batang 80gr-34 box (1X144 = 4896 pcs); sarung (1200 pcs); handuk (800 pcs) lampu tenaga surya (256 pcs); dan gayung (400 pcs). Sebagian sudah didistribusikan untuk warga pengungsian di Sumur.

Ini merupakan pertama kalinya Kopernik menjalin kerjasama dengan Dompet Dhuafa. Kopernik sendiri merupakan lembaga yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dengan cara eksperimentasi, layanan konsultasi, dan distribusi teknologi. Semua itu bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, terutama di daerah-daerah marginal dan terpinggirkan.

“Usulan untuk berdonasi di Dompet Dhuafa datang dari salahsatu usulan kawan kami bernama Surya, selaku Direktur Humanitarian Forum Indonesia (HFI). Alasan lainnya ialah saat ini sumber daya kami masih terbatas dan di saat bersamaan juga sedang merespon di wilayah Palu,” ujar Dewi Hanifah, selaku Program Manager, Kopernik, melalui keterangan tertulis.

Sanadi, selaku Kordinator Lapangan Posko Dompet Dhuafa Sumur bersyukur bantuan hadir kembali dari pihak yang peduli terhadap warga terdampak bencana. Pasalnya walaupun beberapa warga sudah kembali beraktivitas seperti biasa. Namun masih ada lagi sebagian warga yang membutuhkan bantuan. Contoh para nelayan yang saat ini masih belum dapat mencari nafkah lantaran perahu dan bagangnya yang telah rusak tersapu ombak tsunami.

“Alhamdulillah, ini bantuan ke sekian kalinya yang datang langsung ke Pos Sumur. Biasannya kita harus kordinasi ke Pos Carita soal berkurangnya kebutuhan logistik yang diperlukan. Kita sangat terbuka dan bersyukur masih ada pihak yang peduli terhadap warga sekitaran sini. Mengingat dampak kerusakan di sini jauh lebih besar ketimbang di beberapa daerah lainnya,” ujar Sanadi.

Untuk menguatkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana tsunami Selat Sunda, Anda dapat menyalurkan bantuan melalui https://kemanusiaan.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/, atau melalui transfer bank ke rekening: BCA 237.304.7171, BNI Syariah 340.350.666.5, dan Mandiri 101.000.647.5733 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. (Dompet Dhuafa/Zul)