hit counter code


Kesigapan LKC Dompet Dhuafa Respon Korban Bencana Kebumen

Kebencanaan, | Mon 01/2019 15:17:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share

KEBUMEN -- Hujan terus-menerus membanjiri beberapa daerah Kebumen. Hingga pada taraf tertentu membuat rumah-rumah seperti di Desa Madurejo, Desa Sidoguntur, Kecamatan Puring, tergenang air. Di desa-desa lainnya, ketinggian air bahkan mencapai 1,5 meter di beberapa wilayah.

Berdasarkan temuan tim Dompet Dhuafa cabang Jawa Tengah, terhitung sudah: 25 desa di 11 kecamatan tertimpa tanah longsor; 37 desa di 13 kecamatan dilanda banjir; dan 13 desa di 16 kecamatan dilanda angin kencang. Selaras dengan itu, melalui kerjasama antara Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan BPBD, PBMTI, dan warga-warga sekitar posko yang berlokasi di Kantor Kecamatan Puring, memungkinkan dibukanya Dapur Umum, dan Pos Hangat.

Untuk menu-menu di Dapur Umum dan Pos Hangat sendiri sangat diperhatikan secara rinci. Mengingat masing-masing pengungsi terdiri dari beragam usia. Sehingga bersama dengan Bidan Kecamatan Puring, Tim LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah, telah menyiapkan menu untuk kelompok usia rentan dalam pengungsian. Bayi, balita, anak-anak, dan lansia adalah kelompok rentan yang tidak mudah mendapatkan menu sesuai dengan keadaan dan kondisi fisiknya.

Di Pos pengungsian ada lima bayi usia enam bulan sampai satu tahun. Sekitar 35 anak usia satu hingga lima tahun, dan beberapa lansia diatas 80 tahun yang tentunya harus dibedakan dalam pemenuhan makanan, mulai dari pemenuhan gizi dan tekstur. 

“Kita harus pahami masing-masing warga terdampak ini terdiri dari beragam usia, jenis kelamin, dan kesehatan fisik yang berbeda-beda. Sehingga kita harus ekstra hati-hati. Bisa saja seseorang memiliki alergi terhadap masakan tertentu. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus perketat untuk penentuan menu-menunya,” ujar drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Maka dari itu mari kita ringankan saudara-saudara di Kebumen. Bantuan donasi dapat melalui BNI Syariah (3311557729), Mandiri (1350009996875), dan BCA (0095359472), atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Informasi dan konfirmasi dapat menghubungi nomor 08157798783 atau (024)7623884. (Dompet Dhuafa/Fajar)