hit counter code


Pekalongan Diterjang Banjir, Dompet Dhuafa Turunkan Tim Respon

Kebencanaan, | Tue 01/2019 20:02:38
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PEKALONGAN -- Setidaknya 4.000 warga terpaksa mengungsi karena banjir menerjang wilayah Pekalongan dan sekitranya. Sejak Minggu dini hari, hujan terus turun. Sehingga mengakibatkan beberapa wilayah terkena banjir. Wilayah seperti Kecamatan Pekalongan Utara, Pekalongan Timur, Pekalongan Selatan, dan Pekalongan Barat, semua rata terdampak banjir. Tinggi genangan banjir bervariasi dari 30 – 100 cm.

Kondisi tersebut mengakibatkan berbagai sektor kehidupan masyarakat terganggu. Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) yang terkenal ramai menjadi treganggu, lantaran jalan tertutup banjir. Puluhan sekolah juga terpaksa diliburkan. Ruang belajar terendam banjir, dan beberapa alat belajar juga rusak. Masyarakat terpaksa mengungsi, menunggu situasi membaik untuk kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Dompet Dhuafa dengan terjadinya bencana banjir di Pekalongan tidak tinggal diam. Sejak Senin, Dompet Dhuafa Jawa Tengah bersama dengan Perhimpunan BMT Indonesia (PBMTI) Jawa Tengah, dan MPD Pekalongan, ikut membantu mengevakuasi warga. Tim menyambangi sejumlah titik pengungsian, terutama di wilayah Pekalongan Utara, guna memberi bantuan. Perahu karet pun diturunkan oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah guna mempermudah akses bantuan, dan evakuasi warga.

Dapur umum telah didirikan oleh Dompet Dhuafa ke beberapa titik pengungsian. Bahan pangan seperti beras, minyak goreng, dan beberapa kebutuhan sembako lainnya juga telah didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan dasar pengungsi.

Sejumlah bantuan antara lain di salurkan ke Pos Desa Krapyak Lor, Rt.3 / Rw.1 yang setidaknya ada 78 Kepala Keluarga. Begitu pula dengan Dapur Umum di wilayah Perumahan Limas Rw.13 dan Rw.18 yang kurang lebih terdapat 400 Kepala Keluarga terdampak banjir.

“Kami ucapakan terimakasih banyak atas bantuan yang telah diberikan oleh Dompet Dhuafa dan juga PBMTI kepada masyarakat di sini,” ucap Eko, selaku penganggung jawab Pos Pengungsian wilayah Perumahan Limas.

Selain di wilayah Pekalongan, tim respon Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan PBMTI juga membagikan kurang lebih 200 nasi bungkus di Desa Denasri, Kecamatan Denasri, Kabupaten Batang. (Dompet Dhuafa/Zul)