hit counter code


Pameran Foto Humanity Exposure: Biarkan Foto yang Berbicara

Sosial, | Wed 01/2019 19:27:00
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Ada yang berbeda dari Loop Station Jakarta, pada minggu terakhir bulan Januari ini. Pasalnya sedang digelar pameran foto dengan mengusung tema Humanity Exposure oleh Dompet Dhuafa. Pameran tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2019.

“Awalnya mau dinamakan dengan Lorong Jurnal. Tapi jadinya Humanity Exposure. Humanity sendiri diambil dari tema program Dompet Dhuafa yang berjudul humanesia. Exposure sendiri selain bermakna publish, itu juga karena sangat berkaitan dengan dunia fotografi. Hal tersebut dilihat karena di era yang serba digital, kita kadang lebih condong berkarya (fotografi) melalui digital, dan jarang pamer karya dengan model exhibition seperti ini. Sehingga mereduksi kerincian dan kedalaman yang ada dalam sebuah foto,” ujar Andhika Prabowo, selaku Kurator Humanity Exposure.

Foto-foto yang dipajang dalam pameran tersebut merupakan dokumentasi Dompet Dhuafa saat menjalankan kerja-kerja kemanusiaan. Seperti saat menggulirkan bantuan bagi saudara kita yang membutuhkan, terutama bagi mereka yang tidak mampu dan terdampak musibah.

“Lewat foto-foto ini, dimaksudkan juga untuk memperkuat pesan-pesan yang sebelumnya sudah kita sampaikan melalui tulisan. Foto dan teks itu saling mendukung. Teks tanpa foto dapat diindikasi hoaks. Sehingga pesannya kurang begitu kuat. Begitu juga sebaliknya, foto tanpa teks maka hanya sedikit saja keterangan atau pesan yang dapat diambil,” lanjut Andhika.

Humanity Exposure sendiri bertujuan untuk lebih membangun kepeduliaan orang-orang demi membantu sesama. Entah kepeduliaan yang terbangun dapat berwujud doa, donasi, atau menjadi relawan. Tapi yang terpenting ialah pesan dan rekam jejak yang ditampilkan dapat tersampaikan hingga nanti.

“Jadi, melalui kegiatan ini, saya jadi ikut merasakan langsung kondisi di lapangan. Sekaligus dalam hati, saya bilang, ‘wah kayaknya saya harus dedikasikan diri saya di sini.’ Saya jadi tergerak ingin berbagi. Sebelumnya, saya juga sempat menjadi relawan Dompet Dhuafa di tahun 2013. Tetapi belum merasakan terjun langsung di respon kebencanaan,” jelas Hafiz (27), salah satu pengunjung Humanity Exposure di Jakhumfest 2019.

Rencananya, kegiatan ini juga akan diadakan di kantor-kantor cabang Dompet Dhuafa. Tentunya demi menyebarkan semangat-semangat untuk berbagi kepada sesama. (Dompet Dhuafa/Fajar)