hit counter code


Peringati Hari Gizi Nasional, Dompet Dhuafa Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak

Kesehatan, | Fri 02/2019 20:52:35
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- "Dalam sepiring makan adik-adik, harus ada karbohidrat yang berasal dari makanan pokok seperti nasi. Kemudian protein dari lauk pauk, dan sayuran, serta buat sebagai sumber vitamin. Satu hal yang tak kalah penting adalah harus minum air putih juga, setuju yaa," Seru Filly Muharani, sebagai Staf Promosi Kesehatan LKC Dompet Dhuafa Jawa Barat.

“Setuju!” jawab kompak anak-anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Athfal, Meruyung, Depok.

Memperingati hari Gizi Nasional, Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), memberikan edukasi gizi kepada anak-anak. Bertajuk Promosi Kesehatan (PROMKES) Gizi Sehat Seimbang "Aku Pasti Bisa", para penyuluh memberikan pemahaman mengenai pentingnya gizi seimbang. Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Athfal, Meruyung, Depok pada Kamis (31/1/2019), kegiatan berjalan penuh keceriaan.

Kesadaran akan gizi dirasa perlu untuk ditanamkan kepada anak sedari dini. Mengingat, masa kanak-kanak menjadi usia pertumbuhan, dan gizi dari makanan yang mereka makan sangat berpengaruh dalam pertumbuhan. Kebiasaan mengonsumsi jajanan kurang steril juga mengancam anak-anak. Sehingga rentan terhadap serangan penyakit.

Usia anak juga menjadi fase penyempurnaan fungsi imun tubuh. Pola konsumsi yang tepat, akan memberikan asupan gizi yang baik juga pada anak-anak. Sehingga terhindar dari penyakit dan meningkatkan daya pertumbuhan mereka. Edukasi gizi yang sederhana seperti sosialisasi pentingnya sarapan menjadi materi utama dalam kegitan tersebut. Materi yang ada juga disampaikan dengan gaya yang ringan, agar mudah dimengerti oleh anak-anak.

"Nah adik-adik untuk memenuhi kebutuhan gizi, penting sekali untuk selalu sarapan. Dengan sarapan, adik-adik akan mendapat energi untuk menjalankan aktivitas seharian. Jangan lupa sarapan penuh gizi dan beragam lauk ya," seru Aam, sebagai pemateri sesi Gizi Seimbang.

Kegiatan tersebut menjadi bentuk kepedulian dari Dompet Dhuafa terhadap isu gizi pada anak. Diharapkan nantinya anak-anak akan memiliki kebiasaan yang baik dalam pola konsumsi makanan mereka. Dengan pola tersebut, gizi yang didapat juga baik. (Dompet Dhuafa/Zul/LKC Jabar)