hit counter code


Gelar Layanan Bekam Gratis, Wujud Kerja Sama Angkasa Pura dengan Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Tue 02/2019 16:50:21
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BALIKPAPAN -- Dalam rangkat HUT ke-55, Angkasa Pura menggandeng Dompet Dhuafa Kalimantan Timur untuk menyelenggarakan Layanan Bekam Gratis bagi para karyawan dan masyarakat sekitar di Gedung Serba Guna Angkasa Pura Balikpapan. Bekam atau cupping sendiri, sebagaimana dilansir dalam WebMD merupakan metode alternatif kuno yang menggunakan cangkir (dingin atau panas) yang diletakan dalam kulit untuk mengeluarkan darah kotor. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, aliran darah, relaksasi, dan sebagai jenis metode memijat. Metode ini dapat dilacak kembali dalam budaya Mesir, Cina, dan Eropa Tengah.

Terapi bekam sendiri bukan hal baru di Indonesia. Metode tersebut sudah termaktub dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.36 tahun 2009 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional. Lengkap juga di Indonesia sudah banyak lembaga atau asosiasi bekam: ada Ikatan Terapi Bekam Indonesia (ITBI); Perkumpulan Bekam Indonesia ; dan lain sebagainya.

Sebanyak 63 peserta yang terdiri dari 55 laki-laki dan 8 wanita terlayani dengan baik sejak pukul 08.00 – 12.00 WITA. Layanan bekam dibagi menjadi dua. Pertama adalah layanan khusus laki-laki yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Angkasa Pura, sedangkan layanan untuk wanita dilaksanakan di Klinik Angkasa Pura Balikpapan.

“Terimakasih banyak kepada Dompet Dhuafa Kalimantan Timur, melalui program Rumah Sehatnya sudah mengadakan Layanan Bekam Gratis untuk para karyawan-karyawati, khususnya seperti kami yang sering bekerja di lapangan. Semoga kita senantiasa mendapatkan nikmat sehat dan bugar selalu. Atas partisipasinya di HUT ke 55 ini, sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga kegiatan seperti ini dapat rutin digelar,” ujar Fajar Setiawan, selaku panitia dan juga peserta kegiatan tersebut.

Rahmat selaku penanggung jawab program Dompet Dhuafa Kalimantan Timur juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari sinergi program bersama para mitra Dompet Dhuafa Kalimantan Timur. Semoga Angkasa Pura dalam HUT ke 55 selalu sukses, tumbuh dan melayani masyarakat dengan baik. (Dompet Dhuafa/Kalimantan Timur/Fajar)